Kenapa Harus Membersihkan Botol Susu Bayi dengan Benar?

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi anak, orang tua harus mengetahui cara membersihkan peralatan makan dan minum dengan baik, agar kesehatan si Kecil tetap terjaga. Botol susu bayi yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menjadi tempat perkembangbiakan berbagai virus dan bakteri, seperti virus hepatitis A yang dapat bertahan selama lebih dari seminggu di dalam botol susu anak. Selain itu, bakteri E. coli, salmonella, dan berbagai bakteri penyebab penyakit seperti keracunan makanan, diare, hingga gangguan pencernaan yang berat.

udah tahu cara membersihkan botol susu bayi? Jika belum, simak caranya di bawah ini.

Cara mencuci botol susu bayi yang benar

Mengetahui cara mencuci botol yang benar akan membantu menjaga kesehatan bayi Anda. Umumnya ada dua cara membersihkan botol susu bayi yang bisa Anda gunakan. Pertama menggunakan mesin pencuci (dish washer) dan menggunakan tangan (manual).

1. Membersihkan botol susu bayi dengan mesin (khusus botol dengan label dishwasher-safe)

Beberapa botol susu bayi memiliki label dishwasher-safe, yang berarti dapat dicuci menggunakan mesin pencuci perlengkapan makanan. Cara ini terbilang praktis dan hemat waktu untuk dilakukan. Berikut langkahnya:

  • Pisahkan komponen botol susu, seperti tutup dot, botol, dan tutupnya
  • Bilas bagian-bagian botol yang sudah dipisahkan dengan air mengalir. Anda bisa menggunakan air bersuhu dingin maupun panas.
  • Masukkan bagian-bagian botol susu ke dalam mesin pencuci. Jika memungkinkan, gunakan air panas untuk mencuci. Hal ini akan membantu membunuh kuman yang menempel di botol
  • Cuci tangan Anda sebelum mengeluarkan bagian-bagian botol dari dalam mesin cuci. Letakkan botol yang sudah dicuci ke wadah bersih, lalu biarkan hingga kering.

2. Membersihkan botol susu dengan tangan

Jika Anda tidak memiliki mesin pencuci perlengkapan makan, tak perlu khawatir. Cukup berbekal sabun pembersih serta sikat khusus perlengkapan anak, Anda bisa mencuci botol susu anak dengan tangan. Namun, sabun dan sikat pembersih yang digunakan harus dapat membersihkan bakteri dan virus secara menyeluruh, serta tidak meninggalkan residu berbahaya pada botol anak. 

Berikut langkah-langkah membersihkan botol secara manual:

  • Cuci tangan dengan sabun hingga bersih
  • Lepaskan bagian-bagian botol, kemudian bilas dengan air mengalir
  • Sediakan wadah berisi air hangat dan masukkan sabun pembersih kedalamnya
  • Rendam sekitar 15 menit dan cuci bagian-bagian botol yang terdapat di dalam wadah
  • Sikat botol menggunakan sikat khusus pembersih peralatan bayi hingga bersih
  • Bilas kembali botol dan bagiannya menggunakan air mengalir. 
  • Letakkan bagian botol di tempat bersih dan biarkan mengering dengan sendirinya
  • Bersihkan wadah tempat mencuci dan sikat khusus menggunakan sabun dan air bersih

Gunakan sabun dan sikat yang tepat

Jika Anda mencuci botol susu bayi atau perlengkapan makan lainnya, pastikan menggunakan sabun khusus peralatan bayi. Pasalnya, bayi memiliki tingkat imunitas yang lebih rendah sehingga tubuhnya lebih rentan terhadap bakteri dan zat kimia, seperti pewangi buatan.

Untuk hasil cuci yang bersih dan higienis, gunakan sabun pencuci botol bayi Buds Organics Bottle and Utensil Cleaner. Sabun ini sudah tersertifikasi Ecocert dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga tidak meninggalkan residu dan aman untuk anak.

Buds Organics Bottle and Utensil Cleaner dapat membunuh kuman dan menghilangkan bau tidak sedap pada peralatan makan bayi. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Tuang Bottle and Utensil Cleaner secukupnya pada wadah berisi air, lalu rendam botol dan peralatannya sekitar 10-15 menit, kemudian bilas dengan air mengalir.

Selain sabun, gunakan juga Mother-K Silicone Brush. Sikat ini terdiri dari 3 lapis bahan silikon dan telah tersertifikasi Food and Drug Association (FDA) sehingga efektif membersihkan botol susu dan dot si Kecil secara menyeluruh dan aman untuk digunakan.

Sikat ini juga lebih cepat kering dibandingkan dengan spons pembersih, tahan hingga suhu 140?C, serta dapat mengurangi goresan jika dibandingkan dengan sikat berbahan nilon.

Botol susu bayi yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menjadi tempat perkembangbiakan bakteri penyebab penyakit. Oleh Karena itu, pastikan Anda membersihkan botol susu si Kecil dan peralatannya secara menyeluruh setiap selesai digunakan.

Sumber: SehatQ

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo