Kapan Bayi Boleh Mengonsumsi Keju Mozarella dan Ketahui Beragam Manfaat untuk Tumbuh Kembangnya

Snack keju yang terbuat dari keju mozarella asli bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk anak. Yup, keju mozarella merupakan salah satu jenis keju asal Italia yang sangat terkenal sejak lama. Selain memiliki tekstur yang khas, keju mozarella ternyata juga memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh, tak terkecuali untuk si Kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Wah, kira-kira apa saja ya manfaat keju mozarella untuk anak-anak dan bagaimana cara mengolahnya untuk menjadi camilan sehat untuk anak? Yuk, cari tahu selengkapnya berikut ini!

Kapan Bayi Boleh Makan Keju Mozarella?

Pada dasarnya, tidak ada usia pasti yang direkomendasikan untuk bayi bisa mulai mengonsumsi keju, termasuk keju mozarella. Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) telah menetapkan keju sebagai makanan pertama untuk bayi pada usia 6 bulan. Sementara, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk memasukkan keju ke dalam makanan bayi sekitar usia 7 hingga 8 bulan.

Akan tetapi, lebih baik Mums mengonsultasikannya terlebih dulu dengan dokter apabila ingin memberikan keju kepada si Kecil, terutama jika Mums memiliki riwayat keluarga dengan alergi susu atau jika bayi memiliki kondisi alergi lain, seperti eksem atau asma.

Manfaat Keju Mozarella untuk Anak

Keju, termasuk keju mozarella, terbuat dari susu. Karenanya, makanan ini mengandung banyak nutrisi penting, seperti:

– Vitamin D: Dibutuhkan untuk penyerapan kalsium secara optimal. Kalsium bersama dengan vitamin D membantu pertumbuhan sistem kerangka bayi.

– Vitamin B12: Berperan dalam beberapa proses biokimia yang penting untuk pertumbuhan.

– Vitamin lain: Vitamin seperti riboflavin dan niacin diperlukan untuk proses tumbuh kembang yang sehat.

– Sfingolipid: senyawa ini dapat membantu menjaga membran sel dan dapat melindungi sel dari faktor lingkungan yang berbahaya.

– Anti-inflamasi: Keju juga memiliki sifat anti-inflamasi. Sebuah tinjauan terhadap 52 studi klinis yang diterbitkan tahun 2017, menyimpulkan bahwa produk susu secara umum memiliki efek anti-inflamasi.

– Probiotik: kandungan probiotik dalam keju dapat membantu menjaga mikrobiota usus yang sehat, yang mungkin bermanfaat untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan bayi.

Bagaimana Cara Memperkenalkan Keju Mozarella pada Anak?

Umumnya, memperkenalkan keju kepada si Kecil dapat dilakukan ketika ia sudah mulai terbiasa mengonsumsi camilan. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Mums terapkan ketika ingin memberikan keju kepada si Kecil:

– Parutlah keju mozarella tipis-tipis. Parutan tipis ini bisa mengurangi risiko anak tersedak ketika mengonsumsinya.

– Jika si Kecil tampak tidak menyukai rasa atau tekstur keju mozarella, maka Mums bisa menyajikannya dengan makanan lain, misalnya pasta atau biskuit kesukaannya.

Berapa Banyak Jumlah Keju yang Boleh Dikonsumsi Oleh Anak-anak?

Tidak ada jumlah pasti batas pengonsumsian keju bagi anak-anak. Jumlah keju bisa bervariasi sesuai usia mereka. Menurut AAP, seperempat cangkir keju potong dadu dalam sehari dapat menjadi pilihan camilan yang ideal untuk anak berusia 8-12 bulan. Jumlah ini bisa ditingkatkan menjadi setengah cangkir setelah anak berusia di atas 12 bulan.

Hal terpenting adalah untuk memberikan keju pada si Kecil dengan jumlah yang secukupnya dan tidak berlebihan. Jadikan keju sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang.

Ivenet Mozza Cheese Ball, Camilan Keju Enak dan Sehat untuk Anak

Ivenet Mozza Cheese Ball - GueSehat

Untuk Mums yang ingin memperkenalkan keju mozarella kepada si Kecil, kini tidak perlu repot-repot lagi. Ivenet Mozza Cheese Ball bisa menjadi pilihan camilan keju yang enak dan juga menyehatkan untuk anak berusia 2 tahun ke atas.

Seperti namanya, Ivenet Mozza Cheese Ball terbuat dari 90% keju mozarella asli, yang tinggi kalsium dan juga mengandung lemak baik. Kandungan lemak baik ini membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K.

Ivenet Mozza Cheese Ball memiliki rasa gurih alami dari keju mozzarella serta tekstur yang renyah, sehingga dapat dijadikan camilan ataupun topping pada makanan favorit si Kecil. Dilengkapi juga dengan fitur ziplock pada kemasannya, membuat Ivenet Mozza Cheese Ball dapat dibawa ke mana saja tanpa khawatir tumpah. (AS)

Sumber : Teman Bumil

Share this article
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

Woostify retina logo