Jangan Asal Pilih Produk Skin care untuk Bayi Baru Lahir

Kulit bayi lebih sensitif dan lebih mudah menyerap dibandingkan orang dewasa, sehingga perlu skin care / perawatan kulit agar terlindung dari radikal bebas dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Ketika dilahirkan, kondisi kulit bayi berbeda-beda, tergantung pada berapa lama ia berada di dalam kandungan. Pada bayi prematur misalnya, kulitnya akan lebih tipis dibandingkan dengan kulit yang lahir tepat waktu, serta terlihat lebih transparan.

Meski begitu, di hari kedua hingga ketiga, kulit bayi, baik yang lahir tepat waktu maupun prematur, akan menipis dan menjadi lebih kering. Kulitnya pun akan tampak kemerahan ketika menangis, lalu akan tampak kebiruan atau berbintik-bintik ketika kedinginan.

Berdasarkan keterangan dari dermatologis Prof. Greg Goodman, bayi memiliki kulit yang sensitif, terutama di awal-awal bulan kelahirannya. Tidak seperti kulit orang dewasa, kulit bayi belum berfungsi dengan sempurna, sehingga rentan mengalami iritasi.

Selain itu, bahan apa pun yang terpapar di kulit bayi akan menyerap lebih cepat ke dalam tubuh. Itulah mengapa Mums harus cermat pilih produk skincare untuk bayi, terutama bayi baru lahir, supaya kulitnya tidak asal menyerap zat kimia sembarangan.

Apa yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Produk Skincare untuk Bayi?

Berbeda dengan orang dewasa yang punya segudang rangkaian skincare maupun body care, sebenarnya skincare untuk bayi semakin simpel akan semakin baik. Begitu pun dengan kandungannya.

Mengingat kulit bayi masih sangat tipis, sangat cepat menyerap kandungan produk yang digunakan, serta rentan mengalami iritasi, maka sebaiknya pilihlah produk skincare berbahan organik, bebas pewangi buatan dan pewarna, dan hypoallergenic sejak dini.

Skincare berbahan organik, yang terdiri dari ekstrak tumbuhan dan minyak esensial, tidak hanya berguna untuk menenangkan kulit, melainkan juga memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi kulit bayi. Produk ini juga terbukti efektif untuk segala jenis tipe kulit.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah produk khusus untuk kulit bayi sudah terjamin aman dan baik kualitasnya adalah jika sudah mendapatkan sertifikasi dari badan atau organisasi tepercaya, misalnya Ecocert.

“Sertifikasi Ecocert menjamin 95% kandungan di dalam suatu produk berasal dari bahan-bahan alami dan bahan organik yang digunakan juga cukup tinggi,” ujar Ms Tellechea, seorang Cosmetic Chemist and Organic Formulator bersertifikasi.

Sejak kemunculannya di tahun 2003, Ecocert memang menjamin produk yang mendapatkan sertifikasi sudah sesuai dengan standar keamanan serta menggunakan bahan-bahan yang organik dan natural.

Anjuran memilih produk skincare bayi berbahan organik dan natural bukan tanpa alasan lho, Mums. Katakan saja pewangi atau parfum. Jika bahan ini ditambahkan ke dalam produk untuk bayi, ditakutkan akan menimbulkan risiko alergi, iritasi, eksem, hingga keracunan pada berbagai organ tubuh.

Sedangkan untuk paraben, bahan yang satu ini disebut-sebut berisiko mengganggu endokrin, yang kerap dikaitkan dengan masalah reproduksi, gangguan perkembangan, endometriosis, iritasi kulit, hingga kanker.

Mums tentu tidak mau masalah-masalah kesehatan tersebut berpotensi mengganggu si Kecil di kemudian hari, bukan? Jadi, penting untuk memilih produk skincare berbahan organik dan natural untuk kulit bayi yang masih sangat sensitif dan belum sempurna sebagai bentuk pencegahan.

Rangkaian Produk Skincare Organik untuk Si Kecil

Memiliki misi yang sama dengan Mums, yakni ingin merawat kulit sensitif si Kecil dengan bahan-bahan organik dan natural, Buds Organics menghadirkan berbagai produk yang pastinya aman untuk kulit si Kecil.

Terdapat 3 produk dari Buds Organics yang bisa si Kecil gunakan sehari-hari, yaitu Precious Newborn Head To Toe Cleanser, Precious Newborn Cream, dan Baby Bum Balm. Precious Newborn Head To Toe Cleanser merupakan sampo sekaligus sabun dengan varian untuk si Kecil berusia 0-6 bulan dan si Kecil yang berusia 6 bulan ke atas.

Precious Newborn Cream dari Buds Organics dapat menjadi losion sehari-hari si Kecil karena dapat menutrisi kulitnya secara menyeluruh. Sama seperti Precious Newborn Head To Toe Cleanser, produk ini juga memiliki 2 varian, yaitu untuk usia 0-6 bulan dan usia 6 bulan ke atas.

Sementara, Baby Bum Balm adalah krim yang berguna untuk mencegah dan meredakan ruam popok ringan si Kecil. Produk ini cocok untuk digunakan segala usia.

Ketiga produk ini mengandung minimal 95% bahan organik, bebas pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya, serta tanpa pengawet buatan. Terdapat berbagai manfaat di dalamnya, antara lain:

  • Menutrisi dan melembapkan kulit.
  • Mencegah alergi dan iritasi kulit.
  • Melindungi kulit dari kuman berbahaya.

Yang terakhir dan tidak kalah penting, ketiga produk dari Buds Organics ini sudah mendapatkan sertifikasi organik Ecocert dan teruji secara klinis, sehingga aman digunakan oleh bayi baru lahir sekalipun.

Precious Newborn Head To Toe Cleanser, Precious Newborn Cream, dan Baby Bum Balm juga tersedia dalam ukuran starter kit dengan nama Cherished Starter Kit lho, Mums! Jadi, si Kecil bisa mencobanya terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lanjut, Mums bisa mengecek Instagram Buds Organics di sini atau klik link ini.

Sumber : Guesehat

Share this article
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo