Ini Tips Ampuh Mengatasi Nyeri Panggul saat Hamil

Nyeri panggul dan pinggang menjadi hal yang normal dirasakan oleh ibu hamil. Hal ini dipengaruhi oleh perkembangan bayi yang berada di dalam rahim.  

Nyeri atau rasa sakit pada panggul merupakan salah satu hal yang Anda rasakan akibat perubahan hormon selama kehamilan. Selain itu, adanya pergerakkan janin hingga perubahan postur tubuh juga dapat memengaruhi munculnya nyeri otot pada bagian-bagian tertentu.

Meskipun demikian, ada berbagai cara mengatasi nyeri panggul saat hamil yang dapat Anda terapkan. Tips ini dapat membuat aktivitas Anda sehari-hari tidak terganggu oleh nyeri yang Anda rasakan akibat kehamilan.

Tips Mengatasi Nyeri Panggul saat Hamil

Untuk meminimalisir nyeri di panggul saat hamil, Anda bisa coba berbagai tips di bawah ini!

  • Melakukan Pijat atau Yoga Khusus Ibu Hamil

Hal pertama yang dapat ibu hamil lakukan untuk mengurangi nyeri pada panggul adalah dengan mengikuti pijat atau yoga khusus untuk ibu hamil. 

Pijat khusus untuk ibu hamil dapat menenagkan otot-otot Anda yang tegang. Selain itu, pijat ibu hamil juga dapat mengurangi nyeri persendian akibat adanya perubahan postur tubuh. Pastikan Anda memilih tempat pijat khusus ibu hamil yang sudah terpercaya dan memiliki kualitas yang baik ya.

Selain pijat khusus untuk ibu hamil, yoga kehamilan juga dapat menjadi jawaban untuk meminimalisir rasa nyeri pada panggul. Yoga kehamilan akan membantu Anda dalam melemaskan otot-otot yang tegang dan mengurangi rasa nyeri pada otot tersebut. Lebih daripada itu, yoga juga dapat membantu untuk merilekskan pikiran selama periode kehamilan.

  • Mandi Air Hangat

Selanjutnya, hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa nyeri di panggul selama periode kehamilan adalah mandi dengan air hangat.

Air hangat dapat menenangkan otot yang tadinya tegang menjadi rileks, sehingga rasa nyeri yang timbul akan berkurang. Anda juga dapat mengompres bagian tubuh yang terasa nyeri beberapa kali selama periode kehamilan.

Namun, pastikan suhu air hangat yang Anda gunakan tidak terlalu panas ya. Air yang terlalu panas dapat memicu peningkatan suhu tubuh Anda, yang tidak baik untuk janin dalam kandungan Anda.

  • Olahraga Ringan Secara Rutin

Selain mengikuti yoga kehamilan, Anda juga dapat melakukan olahraga kehamilan yang ringan secara rutin. 

Dengan berolahraga yang aman untuk ibu hamil, Anda dapat melemaskan otot sekaligus persendian Anda. Melakukan ini secara rutin akan membuat area panggul terbebas dari nyeri.

Berolahraga juga dapat meningkatkan energi dan suasana hati Anda. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari stress selama periode kehamilan. Anda bisa mengikuti tutorial olahraga ringan untuk ibu hamil yang tersedia di berbagai platform mobile, serta dapat melakukannya sendiri di rumah.

  • Gunakan Sabuk Penyangga Khusus

Tips terakhir untuk mengatasi rasa nyeri panggul ibu hamil adalah dengan menggunakan sabuk penyangga khusus untuk ibu hamil. Sabuk khusus kehamilan umumnya memiliki manfaat untuk menstabilkan sendi dan mengurangi tekanan pada panggul karena adanya peningkatan bobot tubuh. Salah satu contoh penyangga panggul khusus ibu hamil adalah V-Sling dari Belly Bandit.

V-Sling dirancang khusus untuk menopang perut sekaligus dinding rahim, serta mampu menopang dasar panggul dari tekanan maupun beban. Hal ini akan mengatasi rasa nyeri pada area panggul dan persedian Anda.

Terbuat dari bahan neoprene berkualitas tinggi, sabuk ini nyaman, fleksibel, dan ringan saat Anda gunakan.

Selain itu, V-Sling dapat mendistribusikan berat badan, menjaga mobilitas, sekaligus menghindarkan Anda dari berbagai risiko kehamilan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang turun peranakan, disfungsi simfisis pubis, hernia inguinalis, dan varises kewanitaan.Nyeri panggul yang Anda alami saat masa kehamilan merupakan hal yang normal terjadi. Oleh karena itu, Anda dapat menerapkan berbagai tips ampuh di atas agar nyeri panggul Anda dapat teratasi. Namun, jika rasa nyeri Anda tidak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter.

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo