Ibu Harus Tahu!! Begini Cara Menyusui Anak dengan Benar

Menyusui adalah fase lanjutan yang akan dilalui bayi dan ibu setelah proses persalinan. Meski kebanyakan orang mengira menyusui adalah sesuatu yang alami, namun masih banyak ibu yang bingung bagaimana cara menyusui anak dengan benar. Bagi Mommy yang masih bingung, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Menyusui

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan bahwa menyusui memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi ibu maupun bayi. Dokter bahkan merekomendasikanĀ pemberian ASI eksklusif selama enam bulan. Berikut berbagai manfaat ASI yang wajib Mommy tahu:

  • ASI merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi. Komposisi ASI akan berubah seiring dengan pertumbuhan bayi sehingga kebutuhan nutrisi bayi akan selalu terpenuhi. 
  • Menyusui akan membantu melindungi bayi dari berbagai penyakit, baik untuk jangka pendek maupun panjang. Bayi yang menyusui akan memiliki risiko yang lebih kecil untuk terkena asma, obesitas tipe 1, dan sindrom kematian bayi mendadak. Selain itu, bayi yang rutin mengonsumsi ASI juga akan terjaga dari infeksi telinga serta sakit perut.
  • Menyusui dapat mengurangi risiko ibu terkena kanker payudara dan ovarium, diabetes tipe 2, dan tekanan darah tinggi.

Persiapan sebelum Menyusui

Agar fase menyusui dapat berjalan dengan baik, sebaiknya Mommy melakukan persiapan yang matang sejak beberapa bulan sebelum persalinan, seperti:

1. Perbanyak Informasi Seputar Menyusui

Dengan perkembangan teknologi, kini Mommy bisa langsung mengakses informasi seputar laktasi dari ahlinya melalui media sosial. Mommy juga dapat hadir pada kelas menyusui yang biasanya disediakan oleh rumah sakit.

2. Persiapkan keperluan rumah tangga dengan praktis

Lakukan beberapa persiapan terkait keperluan rumah tangga dengan cara yang lebih praktis, seperti menyiapkan bumbu jadi untuk memasak, frozen food, atau berlangganan dengan catering yang sehat.

3. Persiapkan Perlengkapan Menyusui

Salah satu perlengkapan yang penting dimiliki ibu menyusui adalah baju menyusui. Baju menyusui yang disarankan adalah baju yang memiliki bukaan pada dada untuk memudahkan Mommy saat hendak menyusui, seperti Perfect Nursing Tee dari Belly Bandit. Baju menyusui ini terbuat dari bahan viscose yang halus, lembut dan nyaman untuk Moms gunakan setiap hari. Baju ini terdiri dari dua layer yang memiliki bukaan, sehingga memudahkan Mommy saat menyusui. Perfect Nursing Tee anti-melar dan menyesuaikan bentuk tubuh, sehingga dapat digunakan saat dan setelah kehamilan.

Tahapan dan Cara yang Benar Dalam Menyusui

Moms dapat menyusui bayi dengan cara duduk atau berbaring selama Mommy dan bayi merasa nyaman. Pastikan Mommy memperhatikan cara bayi memasukkan puting dan areola ke dalam mulut (perlekatan). Dikutip dari NHS (National Health Service), berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk menyusui bayi dengan benar:

  1. Pastikan Mommy dan bayi dalam posisi yang nyaman. Saat menyusui, bahu dan lengan Moms harus rileks, jika perlu gunakan bantal.
  2. Posisi kepala dan tubuh bayi berada dalam satu garis lurus, karena bayi akan kesulitan menelan jika kepala dan leher tertekuk.
  3. Pegang bayi di dekat Mommy, dengan posisi bayi menghadap ke arah payudara. Posisikan hidung bayi sejajar dengan puting, sehingga mendorongnya membuka mulut dengan lebar dan menempel pada payudara dengan baik.
  4. Biarkan bayi menyusu dengan sendirinya, hindari mencondongkan payudara ke dalam mulut bayi, agar tidak terjadi perlekatan yang buruk.

Apa yang Dilakukan setelah Selesai Menyusui? 

Setelah menyusui, penting bagi Mommy untuk mengeluarkan gelembung udara yang mungkin ada di dalam perut bayi. Hal tersebut dapat membuat bayi tidak nyaman. Mommy dapat menopang kepala dan leher bayi, lalu pastikan posisi perut dan punggungnya lurus serta tidak meringkuk. Kemudian gosok atau tepuk punggungnya dengan lembut. LakukanĀ ini dalam beberapa menit saja. Menyusui memiliki banyak manfaat untuk ibu dan bayi yang sayang untuk dilewatkan. Perhatikan dan terapkan cara menyusui bayi dengan benar, sehingga nutrisinya terpenuhi dan Mommy memiliki pengalaman menyusui yang menyenangkan.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo