Moms Ini Cara Efektif Atasi Hidung Tersumbat pada Bayi!

Banyak orang tua kerap khawatir ketika bayi mereka mengalami hidung tersumbat. Meski kadang merupakan bagian dari proses tumbuh kembang bayi, mengerti alasan di baliknya dan metode penanganannya sangatlah esensial. 

Simak beberapa penyebab utama dari hidung tersumbat pada bayi serta cara-cara efektif untuk mengatasinya.

Penyebab Bayi Mengalami Hidung Tersumbat

Ada beragam penyebab hidung tersumbat pada bayi. Walaupun kadang membuat Mommy resah, memahami alasan di baliknya memungkinkan untuk bertindak dengan tepat.

1. Produksi Lendir Berlebih

Seperti halnya orang dewasa, bayi juga menghasilkan lendir. Ketika bayi sakit, seperti saat flu atau pilek, produksi lendirnya pun meningkat. Kondisi ini bisa menyulitkan si Kecil untuk bernafas dengan bebas.

2. Pemicu dari Lingkungan

Faktor lingkungan seperti debu, bulu binatang, dan polusi juga juga memicu hidung mampet pada bayi. Selain itu, udara kering juga bisa mengakibatkan penebalan lendir di saluran hidung.

3. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Kondisi ini menyerang hidung, sinus dan tenggorokan. Umumnya, penyebab kondisi ini adalah virus atau bakteri seperti rhinovirus dan Streptococcus pneumoniae

Apabila si Kecil mengalami ISPA, beberapa gejala yang muncul meliputi hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan. Meskipun bisa diatasi, sebaiknya Mommy konsultasi ke dokter anak untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

4. Alergi

Meskipun jarang, beberapa bayi memiliki alergi yang bisa menyebabkan hidung tersumbat. Beberapa pemicunya adalah debu dan perubahan iklim.

5. Benda Asing

Bayi yang mulai meraih benda sekitarnya mungkin tanpa sengaja memasukkan sesuatu ke dalam hidungnya. Ini tentu bisa menyebabkan sumbatan mendadak.

Apabila hidung tersumbat diiringi dengan gejala lain, seperti sulit bernafas, demam, dan nafsu makan menurun, ada baiknya untuk segera konsultasi dengan dokter.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Apabila si Kecil mengalami gejala hidung tersumbat, tentu Mommy akan mencari cara terbaik untuk mengatasinya. Berikut beberapa cara mengatasi hidung mampet bayi yang efektif.

  • Purifier Udara: Memasang purifier di ruangan bayi membantu mengurangi iritan yang mungkin menyebabkan sumbatan.
  • Kebutuhan ASI dan Susu Formula: Pastikan si Kecil mendapatkan asupan yang cukup. Asupan yang cukup membuat lendir lebih encer dan tidak menyumbat.
  • Larutan Garam: Sebagai tetes hidung, larutan ini efektif melembapkan serta melarutkan lendir yang menjadi penyebab sumbatan.
  • Humidifier: Alat ini, saat diletakkan di ruangan bayi terutama saat tidur, dapat mengurangi kekeringan dan mempermudah pernafasan.
  • Pijat Lembut: Gerakan pijat melingkar di area hidung dan dahi bayi membantu melancarkan sirkulasi lendir.
  • Penghisap Lendir Bayi: Gunakan alat ini dengan hati-hati. Ini efektif menghilangkan lendir berlebih di hidung si Kecil.
  • Pencegahan Alergen: Jika Mommy menduga bayi mungkin alergi, segera hindari alergen dan konsultasikan dengan dokter anak.

Terakhir, saat memberi ASI atau susu formula, posisi si Kecil sebaiknya agak miring. Ini merupakan salah satu tips mencegah hidung tersumbat pada bayi, dengan mencegah lendir berkumpul di belakang tenggorokan.

Teknik Pijat untuk Hidung Mampet

Pijat terkenal sebagai salah satu teknik tradisional yang efektif untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Hidung mampet, di sisi lain, juga dapat diredakan dengan teknik pijat yang tepat.

Melakukan pijat di area sekitar hidung dan dahi dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Pijatan di area ini membantu melancarkan peredaran darah serta mengurangi pembengkakan pada saluran hidung.

Bagi Mommy yang ingin memberikan sentuhan pijat yang lebih maksimal untuk si Kecil, menggunakan minyak pijat yang berkualitas dengan kandungan organik menjadi hal penting. Buds Organics Baby Massage Oil bisa menjadi pilihan Mommy yang tepat. 

Selain terbuat dari bahan organik yang telah tersertifikasi Ecocert, Buds Organics Baby Massage Oil mampu menutrisi dan memperkuat lapisan kulit. Formulanya yang tanpa pewangi buatan maupun bahan kimia berbahaya lainnya membuat produk ini aman untuk si Kecil.

Mengkombinasikan teknik pijat yang tepat dengan minyak pijata dari Buds Organics Baby Massage Oil memberikan banyak manfaat. Selain membantu meringankan hidung tersumbat pada bayi, kulit si Kecil pun terasa nyaman. Pastikan selalu memberikan yang terbaik untuk si Kecil, termasuk dalam mengatasi masalah hidung tersumbat.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo