Hati-hati, Ini 9 Barang Paling Kotor & Sering Dipegang si Kecil

Barang yang sering dipegang si Kecil bisa saja terlihat bersih dan higienis. Nyatanya, berbagai barang tersebut dapat menjadi sarang kuman penyebab penyakit. Untuk mengetahui barang apa saja yang bisa menyebabkan penyakit untuk si Kecil, simak ulasan berikut!

Ancaman Kuman Ada di Mana-mana!

Anak mengeksplorasi dan berkomunikasi dengan dunia melalui sentuhan. Si Kecil mengumpulkan banyak informasi tentang hal-hal di sekitarnya saat merasakan objek. Apakah benda yang dipegangnya kering atau basah, panas atau dingin, kasar atau halus, dan sebagainya.

Tak hanya menyentuh dan merasakan, si Kecil juga mempelajari banyak hal melalui berbagai aktivitas yang merangsang inderanya. Sayangnya, ada risiko berbahaya di balik kegiatan eksplorasinya tersebut, yaitu paparan dan infeksi kuman. Ada 9 barang yang selalu ada di sekitar si Kecil dan nyatanya menjadi tempat menempelnya kuman pembawa penyakit.

Mums ingin tahu barang apa saja itu? Berikut rinciannya:

  • Toilet seat

Mengajarkan anak untuk toilet training dan lepas dari popok, bisa dimulai sejak si Kecil berusia 1 tahun ke atas. Namun hati-hati ya Mums, walau dudukan toilet milik si Kecil hanya digunakan olehnya dan terlihat bersih, tempat ini terpapar banyak kotoran, lho. Oleh sebab itu, Mums bisa ajarkan si Kecil untuk terbiasa mencuci tangan setiap kali selesai menggunakan toilet, ya.

  • Gagang laci dan kenop pintu

Kedua area ini sudah tak terbantahkan menjadi barang yang disentuh oleh banyak orang. Ada yang menyentuhnya dalam keadaan tangan yang kotor, sehabis bersin dan tidak langsung mencuci tangan, ataupun dalam kondisi sakit dan sedang terinfeksi kuman. 

  • Car seat

Car seat yang sehari–hari diduduki oleh si Kecil nyatanya dipenuhi berbagai kotoran, lho. Mulai dari muntahan, liur, tumpahan makanan, hingga kebocoran popok menjadi sumber kuman jika area tersebut tidak dibersihkan dengan benar dan teratur.

  • Gadget

Walau durasi penggunaannya singkat, memegang dan menggunakan gadget bisa menjadi akses bagi si Kecil terpapar kuman, lho. Itulah mengapa barang elektronik seperti gadget dan ponsel juga sangat penting dibersihkan secara berkala.

  • Wastafel

Wastafel merupakan salah satu tempat favorit anak untuk bermain air sekaligus menjadi area yang diandalkan untuk mencuci tangan. Umumnya, anak-anak senang memasukkan jari-jari kecilnya ke saluran air atau menghentikan air dengan meletakkan tangannya di saluran pembuangan. 

Sayangnya, wastafel juga menjadi salah satu benda paling kotor yang menyimpan banyak bakteri infeksius potensial, lho. Itulah sebabnya, jangan lupa untuk membersihkan dan mensterilkannya secara teratur setiap hari, ya.

  • Remote control

Anak-anak adalah penggemar berat remote control. Si Kecil suka memegang benda ini sambil makan dan menonton TV. Bahkan, bayi di fase oralnya sangat gemar memainkan dan mengemut remote control. 

Padahal perlu diketahui, remote control adalah pusat kuman karena senantiasa berpindah tangan. Tak jarang remote control dilempar ke sana-sini, terkadang di lantai atau di bawah sofa.

  • Saklar lampu

Terlihat biasa bagi orang dewasa, namun sangat menarik untuk anak-anak. Kegiatan seperti menyalakan dan mematikannya ternyata sangat menyenangkan untuk si Kecil. Tapi, sama seperti area umum lainnya, saklar lampu menampung banyak kotoran dan bakteri karena disentuh oleh banyak tangan.

  • Mainan

Terjatuh, dibawa ke banyak tempat, hingga berpindah tangan, membuat mainan juga menjadi salah satu media pembawa kuman yang sangat dekat dengan si Kecil. Belum lagi mainan karet yang dibawa ke kamar mandi sering kali dibiarkan basah dan lembap, juga menjadi sarang tumbuhnya bakteri dan jamur. 

Mums bisa mencuci atau menyemprotkan cairan pembersih pada mainannya secara rutin setiap kali si Kecil ingin bermain. Ingat, sebaiknya memilih pembersih mainan yang tidak menimbulkan alergi pada kulit, akibat bahan dan residu kimia berbahaya yang ada di dalamnya. Sebagai solusi, Mums bisa coba Buds Organics Toy & Surface Cleaner

Tidak hanya efektif dalam membunuh kuman, spray pembersih ini aman digunakan serta tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit anak. Karena, terbuat dari bahan alami dan tidak meninggalkan residu kimia berbahaya pada mainan atau tempat bermain si Kecil. Ditambah lagi, telah tersertifikasi organik oleh Ecocert, sehingga semakin menjamin kualitas dan keamanannya.

  • Botol susu dan perlengkapan makan

Mums pastinya sudah tahu, bahwa sangat penting untuk membersihkan botol susu dan perlengkapan makan si Kecil. Namun terkadang, cara membersihkannya bisa saja belum efektif dan menyeluruh, sehingga menyisakan kuman di dalamnya. Maka dari itu, jangan tunda untuk segera mencucinya setelah selesai digunakan, ya.

Segera buang sisa susu atau makanan, lalu cuci bersih. Hindari menumpuknya terlalu lama karena akan menjadi kesempatan bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh. Selain itu, bersihkan semua bagian dengan seksama, agar tidak meninggalkan kuman pada bagian yang kecil, seperti dot botol.

Untuk urusan bersih-bersih botol susu si Kecil, untungnya kini sudah banyak pilihan produk pembersih yang berkualitas dan aman untuk anak. Salah satunya adalah Buds Organics Baby Safe Bottle and Utensil Cleaner.

Terbuat dari bahan organik dan bebas bahan kimia berbahaya, sabun pembersih ini mampu membasmi kuman yang membandel dan melawan bau yang tidak sedap. Tentunya terjamin berkualitas dan aman dong, untuk botol susu si Kecil, karena telah tersertifikasi Ecocert. Cara penggunaannya pun cukup mudah, Mums hanya perlu menuangkan Bottle and Utensil Cleaner secukupnya pada wadah berisi air, lalu rendam botol dan dotnya selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air mengalir.


Selain sabun pembersih, Mums juga perlu sikat yang mampu membersihkan secara menyeluruh, seperti Mother-K Silicone Brush. Sikat berbahan silikon ini telah tersertifikasi Food and Drug Association (FDA), sehingga memiliki kualitas dan keamanan yang telah terjamin. Tenang, dengan sikat ini, Mums tak perlu khawatir botol susu si Kecil tergores, karena sikat ini terdiri dari 3 lapis bahan silikon, sehingga mampu mengurangi goresan jika dibandingkan dengan sikat berbahan nilon.

Nah, itulah 9 barang paling kotor yang sering dipegang si Kecil. Jadi sebaiknya Mums selalu rutin membersihkan perlengkapan atau barang-barang tersebut serta menciptakan lingkungan bermain yang bersih dan higienis dari kuman. Si Kecil pun bisa aman dan nyaman saat bereksplorasi.

Sumber: Guesehat

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo