Haruskah Menggunakan Korset Setelah Melahirkan? Cek Faktanya Di sini!

Banyak yang bilang bahwa menggunakan korset setelah melahirkan bagus untuk mengembalikan bentuk tubuh dan merampingkan perut. Namun, di sisi lain, ada pula pendapat yang kontra tentang hal tersebut, dan menyebut tidak perlu untuk mengenakan korset.

Mana pendapat yang benar?

Sebenarnya memakai korset pasca melahirkan sama sekali tidak masalah. Justru hal ini efektif untuk mengembalikan bentuk perut Mommy seperti semula. Hanya saja, Mommy perlu memilih korset yang tepat agar hasilnya optimal, sesuai harapan, dan nyaman selama digunakan.

Apa Itu Korset?

Korset adalah pakaian tambahan khusus bagi wanita yang dikenakan di sekitar area perut. Biasanya korset terbuat dari jenis kain tebal atau sesuatu yang keras. Wanita menggunakan korset dengan tujuan untuk membentuk tubuhnya agar proporsional. Korset dapat menopang pinggang dan perut sehingga terlihat ramping.

Selain tujuan fashion, ada pula wanita yang memakainya untuk medis. Di antaranya untuk pengobatan nyeri punggung dan ingin cepat pulih setelah melahirkan.

Ciri Korset yang Baik

Korset umumnya digunakan wanita untuk perut yang terlihat buncit pasca melahirkan. Menggunakannya akan membuat perut kembali ramping dan memperbaiki tampilan tubuh. Namun, jangan asal pilih korset ya, Moms! Mommy harus perhatikan ciri korset yang baik untuk Moms pilih:

  • Bahannya nyaman digunakan
  • Kualitas jahitan yang bagus
  • Ukuran yang sesuai untuk Mommy
  • Model korset mudah digunakan
  • Mereknya terpercaya

Apabila semua kriteria di atas telah terpenuhi, maka korset yang Moms pilih pasti memberikan hasil yang terbaik dan optimal.

Pentingnya Korset Setelah Melahirkan

Salah satu masalah ibu setelah melahirkan adalah perut bergelambir dan sulit mengembalikannya seperti semula. Hal tersebut sangat mengganggu penampilan Mommy, korset bisa menjadi jalan keluar tercepat. Korset mampu mengangkat dan menyangga perut sehingga kembali seperti sebelum melahirkan.

Kapan sebaiknya memakai korset setelah melahirkan? Bagi Moms yang persalinannya normal, boleh langsung pakai keesokan harinya. Namun, untuk yang melalui operasi sesar harus menunggu hingga luka mengering.

Manfaat Menggunakan Korset Setelah Melahirkan

Berikut berbagai manfaat menggunakan korset setelah melahirkan:

1. Memulihkan Otot Perut

Saat kehamilan memasuki usia tua dan perut semakin besar, otot-otot dan ligamen di perut akan mulai terpisah. Kondisi tersebut tidak serta merta akan pulih secara otomatis setelah melahirkan. Dalam hal ini korset cukup efektif membantu pemulihan tersebut. Pilihlah korset yang memiliki bahan yang ringan dan lembut seperti Belly Bandit Mother Tucker Corset.

Selain lembut, korset ini juga memiliki kompresi ganda dengan sirkulasi udara yang baik (anti-pengap). Designnya melengkung sehingga meminimalisir munculnya tonjolan lemak dan tidak terlihat di balik pakaian. Korset ini mampu merampingkan  & meratakan perut, pinggang, dan pinggul

Untuk Moms yang sangat concern dengan fashion, Mommy bisa memilih Mother Tucker Lace Corset yang memiiki corak dan design yang fashionable.

2. Mengurangi Rasa Nyeri

Masa nifas merupakan proses yang cukup berat bagi para wanita. Pasalnya, perut sering merasakan nyeri akibat terjadinya kontraksi. Nah, korset mampu mengurangi efek kontraksi di masa nifas ini. Tekanan korset di beberapa titik membuat rasa nyeri di perut dan punggung akan jauh lebih ringan dibandingkan tidak memakainya.

3. Mengembalikan Bentuk Tubuh

Selama dan setelah kehamilan, terjadi perubahan postur tubuh yang cukup signifikan pada wanita. Bagi yang kurang percaya diri dengan penampilan, tentu ini jadi masalah.

Dengan memakai korset, Mommy bisa mengembalikan bentuk tubuh kembali ramping dan langsing dengan lebih cepat. Mommy bisa cobain Mother Tucker Cincher dari Belly Bandit. Korset ini mengadopsi model slip-on dan memang dirancang untuk meratakan dan membentuk perut, pinggang, dan pinggul.

Terbuat dari Securestretch fabric ganda yang memiliki kemampuan kompresi 360˚. Kerangkanya fleksibel, tanpa pengait, resleting, kancing, dan jepitan. Moms tinggal tarik dan Mommy pun memiliki tubuh yang ramping tanpa khawatir pergerakan jadi terbatas.

4. Mempercepat Pemulihan Operasi

Manfaat korset yang terakhir adalah mempercepat proses pemulihan pasca operasi sesar. Akan tetapi, waktunya harus tepat. Pakailah korset setelah luka bekas operasi Mommy sudah membaik. Dalam masa pemulihan, penggunaan korset akan bermanfaat untuk mengurangi perdarahan.

Di samping itu, hindari aktivitas fisik berlebihan setelah operasi sesar agar proses recovery-nya jadi lebih optimal. Wah, ternyata korset memiliki berbagai manfaat ya Moms! Tidak hanya untuk membentuk tubuh, tapi juga untuk mempercepat penyembuhan Mommy pasca melahirkan. Gunakan korset 4 sampai 6 minggu secara rutin setiap hari untuk dapatkan hasil yang optimal. Selamat mencoba Moms!

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo