Solusi Terbaik! Bebas Tangan Kering Akibat Hand Sanitizer

Pandemi Covid-19 membuat kita menyadari bahwa menjaga kebersihan diri adalah hal yang sangat penting. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan sanitizer

Namun, bagaimana jika kulit tangan kering karena penggunaan hand sanitizer? Simak solusi dan tips memilih hand sanitizer yang baik dan aman melalui penjelasan di bawah ini.

Apa Fungsi Hand sanitizer?

Hand sanitizer adalah solusi antiseptik yang digunakan untuk membersihkan tangan tanpa air dan sabun. Fungsinya adalah membunuh kuman, bakteri, dan beberapa jenis virus yang mungkin ada di tangan kita.

Selain sangat praktis, sanitizer cukup efektif mencegah penyebaran penyakit. Namun, sebaiknya Mommy tetap mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk hasil yang lebih maksimal. Selain itu, salah satu efek samping hand sanitizer pada kulit adalah kulit kering dan pecah-pecah.

Mengapa Hand Sanitizer Membuat Tangan Kering?

Umumnya, sanitizer mengandung alkohol sebagai salah satu bahan utama. Hal ini adalah alasan hand sanitizer menyebabkan kulit kering. Kemampuan alkohol membunuh kuman dan virus ternyata dapat menghilangkan minyak alami pada kulit. 

Akibatnya, kulit kehilangan kelembapannya dan menjadi kering. Selain itu, penggunaan sanitizer yang berlebihan dan berulang-ulang dapat memperparah kondisi ini, membuat tangan menjadi kering, kasar, bahkan pecah-pecah. 

Salah satu solusi yang paling mudah adalah menggunakan pelembab agar kulit tangan tetap terhidrasi.

Tips Merawat Tangan Setelah Menggunakan Hand Sanitizer

Lalu apa yang bisa Mommy lakukan untuk menjaga kelembapan tangan akibat penggunaan hand sanitizer? Berikut adalah tips merawat tangan agar tetap lembut dan sehat.

1. Gunakan Pelembab Tangan

Setelah menggunakan sanitizer, aplikasikan hand cream atau lotion tangan untuk mengembalikan kelembapan kulit. Mommy bisa mencari pelembap yang mengandung aloe vera, glycerin, atau shea butter.

2. Pakai Secukupnya Saja

Sanitizer memang efektif membunuh kuman dan beberapa virus. Namun, pastikan tidak menggunakannya secara berlebihan. Akan lebih baik jika hanya dijadikan opsi ketika tidak ada akses terhadap air mengalir dan sabun.

3. Minum yang Cukup

Salah satu penyebab kulit kering adalah tubuh yang dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik dengan minum yang cukup.

4. Gunakan Sarung Tangan

Apabila Mommy berada di tempat yang dingin atau kering, menggunakan sarung tangan adalah ide yang tepat. Selain itu, akan lebih baik jika mengaplikasikan pelembab sebelum mengenakan sarung tangan. Melakukan hal ini akan membantu menjaga kelembapan tangan.

5. Pilih Hand Sanitizer dengan Pelembab

Beberapa sanitizer mengandung pelembab. Apabila Mommy memiliki kulit yang cenderung kering, pastikan produk yang dipilih memberikan kelembapan lebih untuk kulit. 

Selain itu, mencuci tangan dengan sabun yang lembut dan air mengalir adalah cara yang tepat untuk menghindari kulit kering akibat penggunaan hand sanitizer.

Dengan perawatan yang tepat, Mommy dapat menjaga tangan tetap bersih dari kuman sekaligus menjaga kulit tangan tetap lembap dan sehat.

Bagaimana Cara Memilih Hand Sanitizer yang Baik?

Memilih sanitizer yang baik penting untuk menjamin efektivitasnya dan merawat kesehatan kulit tangan. Berikut beberapa cara untuk memilih hand sanitizer yang baik.

  • Umumnya, sanitizer yang efektif mengandung antara 60-70% alkohol. Alkohol ini berfungsi sebagai pembunuh kuman dan virus.
  • Pilihlah sanitizer yang mengandung bahan pelembap, seperti aloe vera atau glycerin untuk menghindari kulit tangan menjadi terlalu kering.
  • Hindari produk yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti paraben atau pewangi sintetis yang mungkin bisa mengiritasi kulit.
  • Pastikan produk memiliki sertifikasi dari badan kesehatan terkait dan telah diuji di laboratorium untuk menjamin efektivitasnya.
  • Sanitizer tersedia dalam berbagai bentuk, seperti gel, cair, atau busa. Pilih yang dirasa paling nyaman untuk digunakan.

Dengan beredarnya hand sanitizer dalam segala bentuk dan merk, Buds Organics Hand Sanitiser menawarkan solusi kebersihan tangan tanpa membilas yang bisa Mommy pilih. Pembersih tangan yang satu ini terbuat dari bahan organik yang telah mendapat sertifikat Ecocert dari Prancis. 

Selain itu, alkoholnya berasal dari tumbuhan (alcohol plantbase) dan efektif membunuh kuman dan bakteri berbahaya. Hal ini juga membuat Buds Organics memberikan kelembapan ekstra bagi kulit tangan serta aman digunakan untuk si Kecil dan keluarga.

Mommy juga tak perlu khawatir karena produk ini bebas dari pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya lainnya. Dengan Buds Organics, tangan tetap terlindungi namun tetap lembut dan sehat. 

Lindungi si Kecil dan keluarga dari berbagai virus dan kuman yang menyerang. Mommy juga bisa hindari masalah kulit tangan kering karena hand sanitizer dengan Buds Organics Hand Sanitiser. Proteksi maksimal, kelembaban optimal!

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo