5 Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Sensitif pada Anak

Gigi sensitif pada anak bisa terjadi karena terkikisnya lapisan enamel gigi. Lakukan tindakan pencegahan agar kerusakan gigi tidak memburuk.

Si Kecil mengeluh giginya ngilu ketika makan es krim, padahal tidak ada gigi yang berlubang? Ini merupakan gejala awal gigi anak sensitif. Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami gigi sensitif, anak-anak pun bisa mengalaminya. 

Gigi sensitif memang bukanlah penyakit serius, namun jika Mommy biarkan bisa memengaruhi kondisi kesehatan si Kecil. Anak jadi pilih-pilih makanan bahkan tidak mau makan karena merasakan giginya yang ngilu. Sebagai orang tua Mommy harus tahu apa penyebab, cara mengatasi, dan cara mencegahnya. 

Penyebab Gigi Sensitif pada Anak

Penyebab gigi sensitif pada anak yang utama adalah hilangnya atau berkurangnya lapisan dentin atau enamel gigi. Lapisan inilah yang melindungi saraf gigi. Ketika saraf gigi ini agak terbuka, maka gigi akan merasakan sensasi kesemutan dan ngilu, yang disebut dengan gigi sensitif.

Kerusakan lapisan enamel gigi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya yaitu:

1. Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang merupakan penyebab umum gigi sensitif. Gigi sensitif karena berlubang lebih sering dialami oleh anak-anak, apalagi jika anak jarang menggosok gigi.

2. Cara Menyikat Gigi yang Salah

Sudah gosok gigi tapi masih mengalami gigi sensitif? Mungkin saja cara menggosok giginya salah. Menggosok gigi terlalu keras bisa melukai gigi dan gusi, hal inilah yang membuat gigi menjadi lebih sensitif.

3. Sering Menggeretakkan Gigi

Kebiasaan ini juga bisa mengikis enamel pada gigi. Biasanya anak akan menggertakkan giginya ketika sedang nervous atau takut. Sebagai orang tua, Mommy harus bisa memberikan arahan agar tidak melakukan kebiasaan buruk ini.

4. Penderita Sinus

Sinus bisa membuat gigi bagian atas si Kecil menjadi lebih sensitif. Pasalnya, si Kecil akan merasakan sakit di rongga atas mulut dan membuatnya merasakan sensasi gigi ngilu ketika menggigit makanan dingin atau panas.

5. Kehilangan Gigi Susu

Gigi permanen yang baru tumbuh juga bisa menyebabkan nyeri dan meningkatkan sensitivitas pada gigi. Biasanya rasa ngilu ini akan hilang setelah gigi permanen tumbuh dengan sempurna.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif pada Anak

Bagaimana cara mengatasi gigi anak yang sensitif? Ada beberapa cara yang bisa Mommy lakukan untuk mengatasi hal ini, yaitu: 

1. Gosok Gigi dengan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Cara pertama untuk mengatasi gigi sensitif yang terjadi pada anak adalah menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride karena bisa membantu mengembalikan enamel pada gigi.

2. Hindari Menggosok Gigi Terlalu Keras

Selain memilih pasta gigi yang tepat, hindari untuk menggosok gigi terlalu keras. Mommy bisa memilihkan sikat gigi berbulu halus yang lembut sehingga tidak mengikis pelindung gigi si Kecil.

3. Gunakan Pelindung Gigi

Mommy juga bisa mengatasi gigi sensitif dengan menggunakan pelindung gigi. Mommy bisa menggunakannya pada anak ketika akan makan-makanan yang bisa memicu timbulnya ngilu. Namun cara ini tidak menyembuhkan, hanya sebagai tindakan agar gigi si Kecil tidak terasa ngilu saat makan.

Cara Mencegah Gigi Sensitif pada Anak

Apakah gigi anak yang sensitif dapat dicegah? Tentu saja bisa. 

Cara mencegah gigi sensitif pada anak adalah dengan membiasakan melakukan gosok gigi dengan benar. Ajaklah si Kecil menggosok gigi minimal 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam sebelum tidur. Selain itu, gunakanlah sikat gigi yang lembut agar lapisan luar gigi tidak rusak karena penggunaan sikat gigi yang salah.

Yang paling penting gunakanlah pasta gigi khusus anak yang bisa melindungi enamel sekaligus menguatkan giginya. Namun, yang harus Mommy ingat, memilih pasta gigi anak juga tidak boleh sembarangan, pastikan terbuat dari bahan organik yang aman untuk si Kecil seperti produk dari Buds Organics.

Buds Organics Toothpaste with Xylitol merupakan pasta gigi ini dengan kandungan xylitol yang bisa membantu menguatkan gigi anak si Kecil. Sedangkan Buds Organics Toothpaste with Fluoride, merupakan pasta gigi anak dengan kandungan fluoride yang sesuai standar WHO, berfungsi untuk menjaga dan mengembalikan enamel gigi.

Kedua produk ini terbuat dari bahan organik yang tersertifikasi Ecocert sehingga sudah terjamin keamanannya. Selain itu, pasta gigi ini juga bebas bahan kimia berbahaya dan pengawet buatan.

Kelebihan lainnya dari pasta gigi ini adalah bisa membunuh kuman-kuman di dalam gigi dan tersedia dalam 4 varian rasa buah asli, yaitu green apple, blackcurrant, peppermint, dan strawberry.

Selain itu, kandungannya juga bisa membantu melindungi dan mencegah kerusakan pada gusi. Untuk anak yang baru belajar menggosok gigi, produk ini sangat cocok untuk si Kecil.

Gigi sensitif pada si Kecil, tidak boleh disepelekan. Jika memang sudah terlanjur mengalami gigi sensitif, lakukan tindakan sesuai tips di atas untuk mengatasinya. Selalu lindungi gigi si Kecil, karena gigi yang sehat merupakan salah satu kunci kesehatan tubuh anak yang tidak boleh dilewatkan.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo