Moms, Ternyata Begini Cara Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

“Cegah gigi anak yang berlubang dengan cara yang aman dan mudah. Salah satunya dengan rajin menggosok gigi menggunakan pasta gigi yang aman dan tepat untuk anak-anak.”

Masih banyak orang tua yang abai akan kesehatan gigi anak-anak terutama anak balita. Hal ini bisa menyebabkan gigi anak menjadi kotor bahkan berlubang.

Kebersihan dan kesehatan gigi anak terutama balita adalah tanggung jawab orang tuanya. Orang tua harus melakukan berbagai cara untuk mencegah gigi berlubang. Pasalnya gigi yang berlubang bisa berbahaya dan menimbulkan masalah lain pada anak.

Tahukah Anda berdasarkan research yang dipublikasikan di Journal of National Institute of Dental and Craniofacial Research, 42% anak usia 2 sampai 11 tahun mengalami gigi berlubang karena adanya karies pada giginya. Karies yang dibiarkan akan menyebabkan plak dan lama-lama membuat gigi menjadi berlubang.

Oleh karena itu, simak informasi lengkap mengenai penyebab, gejala, bahaya, dan cara mencegah gigi berlubang pada anak berikut.

Penyebab Gigi Berlubang pada Anak

Beberapa hal berikut ini menjadi penyebab gigi berlubang pada anak, yaitu:

1. Tidak Menggosok Gigi Sebelum Tidur

Menggosok gigi sebelum tidur sangatlah penting. Pasalnya sisa makanan dan susu yang menempel pada gigi bisa menyebabkan gigi berlubang.

2. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Manis/Asam

Makanan dan minuman yang manis atau asam juga bisa menyebabkan gigi berlubang pada anak. Makanan dan minuman yang asam atau manis bisa mengikis lapisan gigi dan membuatnya menjadi lebih mudah berlubang.

3. Kekurangan Fluoride pada Gigi Anak

Fluoride merupakan mineral alami untuk menguatkan gigi pada anak. Kekurangan mineral ini bisa membuat gigi menjadi rapuh dan lebih mudah berlubang.

Gejala Gigi Berlubang pada Anak

Gigi berlubang pada anak tidak serta muncul. Ada gejala awal yang bisa Mommy lihat dan amati.

Gejala awal gigi berlubang pada anak adalah munculnya bercak putih pada gigi. Lama kelamaan bercak ini akan berubah warna menjadi kusam dan berubah warna menjadi kecoklatan. Jika dibiarkan bisa membuat gigi menjadi menghitam dan akhirnya berlubang.

Oleh karenanya, jika sudah muncul bercak putih pada gigi anak segeralah untuk mengatasinya. Jangan sampai bercak putih ini melebar dan akhirnya gigi menjadi berlubang.

Bahaya Gigi Berlubang pada Anak

Gigi si Kecil yang berlubang, jika dibiarkan bisa menimbulkan berbagai bahaya untuk kesehatan, seperti:

1. Menimbulkan Sakit

Gigi yang berlubang bisa membuat si Kecil merasakan sakit yang sangat luar biasa. Tentunya anak akan lebih rewel karena giginya yang sakit.

2. Gigi Bisa Copot

Tidak hanya sakit saja, gigi yang berlubang juga bisa membuat gigi tanggal lebih cepat.

3. Menimbulkan Penyakit Gusi

Gigi yang berlubang juga bisa menyebabkan penyakit pada gusi, namung usi bisa mengalami luka dan berdarah.

4. Munculnya Abses Gigi

Abses merupakan benjolan kecil berisi nanah di gusi. Munculnya abses gigi bisa menimbulkan rasa nyeri yang sangat luar biasa.

Cara Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gigi berlubang pada anak sangat berbahaya, sehingga Mommy sebagai orang tua harus mencari cara untuk mencegahnya. Mommy bisa melakukan beberapa tips berikut: 

1. Hindari Tidur dengan Botol Susu di Mulut

Si Kecil masih minum susu dalam botol? Jangan biarkan botol susu di mulut ketika anak tidur. Sebaiknya segera lepaskan setelah anak tertidur karena bisa membuat gigi lebih rapuh dan mudah berlubang.

2. Menggosok atau Menyeka Gigi 2x Sehari

Setidaknya gosoklah gigi si Kecil 2 kali sehari di pagi dan malam hari. Gunakan sikat gigi yang lembut sehingga tidak melukai gusi anak. Jika gigi si Kecil masih jarang, Mommy bisa menyekanya dengan kain basah yang diberi sedikit pasta gigi.

3. Gunakan Pasta Gigi yang Tepat

Tidak cukup hanya menggosok gigi secara rutin saja, Mommy juga perlu menggunakan pasta gigi yang tepat. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride dan xylitol yang bisa mencegah gigi berlubang. Namun, Mommy tetap harus selektif memilih pasta gigi yang tepat untuk si Kecil. Pastikan pasta gigi yang Mommy pilih terbuat dari bahan organik yang aman untuk si Kecil, seperti pasta gigi dari Buds Organics.

Untuk bayi usia 0-1 tahun, Mommy bisa gunakan Buds Organics Oral Gel for Baby Teeth & Gums yang tidak memiliki warna dan rasa. Setelah tumbuh gigi, usia 1 sampai 3 tahun gunakanlah Toothpaste with Xylitol yang bisa menguatkan gigi. Selanjutnya Toothpaste with Fluoride untuk usia 3 sampai 12 tahun, bisa membantu membersihkan gigi dari plak dan mencegah gigi berlubang.

Semua produk ini aman ketika tertelan karena terbuat dari bahan organik yang tersertifikasi Ecocert, preservative free, dan tanpa bahan kimia berbahaya. Terdapat 4 varian rasa untuk Toothpaste with xylitol maupun fluoride yang berasal dari buah asli yaitu green apple, strawberry, peppermint, dan blackcurrant.

Mudah bukan cara mencegah gigi berlubang pada anak? Lakukan cara-cara ini dengan seksama agar gigi anak tetap terjaga kesehatannya. Gigi yang bersih dan terawat mencerminkan anak yang sehat dan cerdas.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2024 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo