Fakta dan Mitos Hand Sanitiser yang Perlu Mommy Ketahui

Apa saja sihfakta dan mitos hand sanitiser? Sebelum kita membahas tentang hal itu, Mommy perlu tahu pengertian hand sanitizer terlebih dahulu. Hand sanitiser merupakan salah satu cairan atau gel yang dapat membersihkan tangan dari bakteri dan virus berbahaya. 

Biasanya Hand sanitiser mengandung alkohol, pewangi, zat anti-kuman yang dapat menghilangkan kuman berbahaya. 

Hand sanitiser sebenarnya tidak hanya digunakan selama pandemi Covid-19 saja, namun Mommy juga sangat dianjurkan untuk menggunakannya setiap hari pasca pandemi agar tubuh, khususnya tangan, tetap terjaga. Lalu, apa saja fakta dan mitos dari hand sanitiser?Yuk, simak penjelasannya, Moms!

Fakta dan Mitos Hand Sanitiser

Ada banyak informasi yang beredar mengenai hand sanitiser. Mulai dari adanya anggapan bahwa hand sanitiser dapat diproduksi sendiri di rumah, hingga tingkat efektivitas hand sanitiser yang sangat tinggi.

Mommy penasaran informasi mana yang fakta dan mana yang mitos? Ini pembahasannya!

  • [Mitos] Dapat Membunuh Seluruh Jenis Kuman

Informasi yang sering beredar seputar hand sanitiser adalah tingkat efektivitasnya yang sangat tinggi. Banyak orang mengklaim bahwa hand sanitiser dapat membunuh semua jenis kuman. Padahal, ternyata ini hanya mitos loh, Moms!

Tidak semua kuman dapat dibasmi dengan hand sanitiser. Salah satu contohnya adalah kuman dari logam berat. Oleh karena itu, sebaiknya Mommy harus tetap melakukan double cleansing, jika Mommy akan makan atau baru pulang dari aktivitas diluar rumah.

  • [Mitos] Hand Sanitiser dapat Menyebabkan Gatal

Faktanya, tidak semua hand sanitiser dapat menyebabkan kulit menjadi gatal, Moms.

Gatal yang ditimbulkan setelah menggunakan hand sanitiser umumnya disebabkan oleh tingkat sensitivitas kulit pada alkohol. Untuk mengetahuinya, cobalah dengan menggunakan beberapa tetes hand sanitiser pada kulit. 

Jika dalam 5 menit mulai timbul rasa gatal, maka Mommy dapat menggantinya dengan kadar alkohol yang lebih rendah.

  • [Mitos] Hand Sanitiser dari Lidah Buaya lebih Aman

Sejak pandemi, ada banyak cara membuat hand sanitiser sendiri di rumah dengan menggunakan lidah buaya. Tapi, jangan sampai terkecoh ya, Moms! 

Hand sanitiser buatan rumah dari lidah buaya, tidak akan seefektif hand sanitiser yang telah diformulasikan khusus di pabrik. Justru, hand sanitiser buatan rumah ini berpotensi mengandung lebih banyak kuman karena proses produksinya yang belum tentu sehigienis hand sanitiser yang diproduksi oleh pabrik!

  • [Fakta] Hand Sanitiser Gel dan Liquid sama Efektifnya

Yap! Yang satu ini adalah fakta, Moms! Nyatanya, hand sanitiser dalam bentuk gel atau liquid memiliki tingkat keefektifan yang sama. Yang menentukan tingkat efektivitas hand sanitiser adalah kandungan alkohol di dalamnya, bukan tekstur dari hand sanitiser tersebut.

  • [Fakta] Kandungan Alkohol Penting untuk Membunuh Kuman

Faktanya, kandungan alkohol pada hand sanitiser sangat penting dalam membunuh kuman berbahaya. Setidaknya hand sanitiser yang Mommy gunakan wajib mengandung 60% alkohol, agar bakteri dan virus dapat hilang secara optimal.

Namun, untuk menghilangkan kuman berbahaya dari kulit si Kecil, sebaiknya Mommy menggunakan hand sanitiser yang memiliki alkohol dari fermentasi bahan alami. Sebab, alkohol hasil fermentasi bahan alami tidak menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan iritasi sehingga cocok untuk kulit anak yang masih sensitif.

Jika Mommy bingung memilih hand sanitiser yang aman, berkualitas, dan cocok untuk kulit si Kecil, K-Mom Zero Dust Hand Sanitizer Gel & Spray bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Mommy.

Alkohol dalam hand sanitiser ini terbuat dari fermentasi gandum sehingga aman bagi kulit si Kecil. Selain itu, hand sanitiser ini juga tidak mengandung triethanolamine yang dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, gatal, kering, dan nyeri.

K-Mom Hand Sanitizer terbukti aman untuk kulit bayi yang masih sensitif karena telah tersertifikasi “quasi-drug” oleh MFDS (Badan pengawas obat-obatan) Korea.

Nah, Pastinya sekarang Mommy sudah tahu kan tentang pentingnya menggunakan hand sanitiser selama dan setelah pandemi Covid-19. Jadi, pastikan Mommy selalu sedia hand sanitiser di mana pun dan kapan pun Mommy beraktivitas. Pastikan juga hand sanitiser nya ramah untuk kulit anak ya, Moms!

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo