Cokelat Bikin Gigi si Kecil Rusak? Itu Mitos! Cek Faktanya Di sini

Cokelat merupakan salah satu makanan favorit anak-anak, karena rasanya yang lezat. Tapi, banyak orang tua yang melarang anaknya untuk mengonsumsi cokelat karena takut giginya rusak. Padahal hal ini hanya mitos loh Mums, tidak benar bahwa cokelat bisa merusak gigi anak. Bahkan sebaliknya, cokelat memiliki segudang manfaat untuk kesehatan anak.

Cokelat terbuat dari biji yang berasal dari pohon kakao. Biji kakao ini kemudian difermentasi, dikeringkan, lalu dipanggang. Biji dari buah kakao diambil kemudian dibiarkan terpapar cahaya agar terfermentasi selama kurang lebih sembilan hari.

Setelah itu, biji kakao dikeringkan selama satu hingga dua minggu di bawah cahaya matahari, lalu dipanggang dan diproses menjadi bubuk kakao. Bubuk kakao inilah yang digunakan untuk membuat cokelat. Cokelat memiliki lebih dari 600 komponen rasa, lho. Inilah kenapa cokelat memiliki aroma yang unik dan menarik untuk anak.

Manfaat Cokelat untuk Kesehatan Anak

Cokelat, khususnya dark chocolate, kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh anak. Kalau Mums masih ragu untuk memberikan cokelat kepada si Kecil, berikut berbagai manfaat cokelat untuk kesehatan anak:

Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Banyak orang tua yang tidak mau memberikan cokelat kepada anak karena takut giginya rusak. Cokelat dapat merusak gigi hanyalah mitos belaka, Mums. Bahkan sebaliknya, cokelat bisa mengurangi plak di gigi, sehingga kesehatan gigi anak semakin terjaga. Untuk membantu menjaga kesehatan gigi anak, sikat giginya setidaknya dua kali sehari.

Meningkatkan Mood dan Energi

Cokelat mengandung sejumlah senyawa yang dapat memengaruhi hormon yang mengontrol mood, salah satunya serotonin. Cokelat, khususnya dark chocolate, bisa meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, Hal ini akan meningkatkan mood anak. Cokelat juga mengandung karbohidrat yang tinggi, sehingga tidak hanya mood anak yang kembali, energi anak juga akan meningkat.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Bubuk kakao mengandung banyak flavonoid yang sama seperti flavonoid di dalam berbagai buah. Flavonoid dikenal sebagai senyawa yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, flavonoid juga dapat membantu mencegah inflamasi, meningkatkan antioksidan, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Flavonoid di dalam cokelat, khususnya dark chocolate, memiliki peran penting dalam menstimulasi hippocampus di otak. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak. Selain itu, makan cokelat juga meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, sehingga aliran darah tersalurkan dengan lancar sampai ke otak.

Wah, ternyata cokelat mengandung banyak sekali manfaat ya, Mums. Jadi mau buru-buru berikan cokelat kepada anak nih.

Namun, seringkali saat Mums memberikan cokelat pada anak, dia makannya belepotan dan bisa membuat Mums jadi kerepotan untuk membersihkannya. Sebagai solusi, Mums bisa berikan cokelat dalam bentuk snack loh, tapi jangan lupa untuk memperhatikan kandungan gulanya ya, tidak boleh berlebihan. Selain itu, snacknya juga wajib terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak mengandung zat kimia buatan berbahaya, seperti Ivenet Choco Corn.

Choco Corn merupakan snack asli Korea yang terbuat dari cokelat, jagung, dan kelapa alami dan tidak mengandung pemanis, perasa, dan pengawet buatan, sehingga sangat aman untuk anak. Selain itu, Ivenet Choco Corn juga sudah tersertifikasi BPOM, sehingga terjamin kualitas dan keamanannya. Rasanya lezat dengan tekstur yang lumer di mulut menambah daya tarik bagi indera perasa anak, sehingga dijamin anak pasti suka. Jadi, Choco Corn bisa menjadi pilihan camilan cokelat yang berkualitas, sehat, dan aman untuk anak!

Nah, sekarang Mums sudah tahu kan kalau cokelat ternyata bermanfaat untuk kesehatan anak. Mulai sekarang, jangan ragu lagi ya untuk memberikan cokelat kepada anak. Selain memberikan cokelat, Mums bisa bantu menjaga kesehatan gigi anak dengan rutin membersihkannya setiap hari.

Sumber: Guesehat

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo