Catat! Ini Tips Menjaga Kesehatan Rambut Anak, Mums!

Menjaga kesehatan rambut anak merupakan salah satu hal terpenting yang harus Mums lakukan. Soalnya, saat si Kecil berusia 6 bulan, rambut permanen si Kecil mulai tumbuh. Rambut yang tidak dijaga sejak dini dapat tumbuh tidak rata, tipis, hingga botak. Agar kondisi rambut anak tetap sehat dan terjaga, yuk Mums catat tips menjaga kesehatan rambut si Kecil!

Perkembangan Rambut Anak

Folikel rambut anak telah berkembang sejak si Kecil berada di dalam kandungan, tepatnya ketika usia kehamilan Mums mencapai 14-15 minggu. Rambut tersebut akan tumbuh hingga anak dilahirkan. Saat usia anak 0-6 bulan, rambut si Kecil akan rontok dan hal ini normal terjadi.

Lalu, kira-kira kapan ya rambut permanen si Kecil akan tumbuh secara optimal? Jawabannya tidak ada waktu yang pasti, Mums. Semuanya tergantung pada masing-masing anak. Ada yang baru tumbuh secara optimal di usia 6 bulan, ada yang ketika memasuki usia 2-3 tahun. Kendati demikian, tak perlu menunggu-nunggu untuk merawat rambut si Kecil ya, Mums.

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Rambut bayi merupakan bagian tubuh yang paling lembut di antara seluruh bagian tubuhnya yang lain. Jadi, perlu dirawat dengan ekstra hati-hati. Sebagai orang tua, Mums perlu memperhatikan metode apa yang terbaik untuk menjaga kesehatan rambut si Kecil.

Lakukanlah berbagai tips berikut agar rambut si Kecil selalu terjaga kesehatannya sejak dini!

  1. Rutin Keramas dan Pakai Kondisioner

Salah satu penyebab rambut anak rapuh dan tipis adalah kulit kepala yang kotor dan berkeringat. Maka dari itu, si Kecil perlu secara rutin untuk keramas. Bayi yang baru lahir tidak perlu dikeramas setiap hari, seiring bertambahnya usia si Kecil, bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu. Namun, bila tipe rambut si Kecil berminyak dan lurus, maka bisa dikeramas lebih dari itu. Cuaca dan tingkat aktivitas anak juga dapat menjadi penentu berapa kali si Kecil harus dikeramas.

Saat keramas, pastikan Mums untuk memijat kulit kepala si Kecil secara lembut ya. Memijat terlalu kencang dapat membuat folikel rambut si Kecil menjadi terganggu sehingga dapat menyebabkan rambut  menjadi rentan rontok dan rusak.

Setelah itu, Mums juga dapat memberikan kondisioner agar rambut si Kecil lebih berkilau, lembut, dan tidak kusut. Apalagi jika cuaca sedang dingin atau iklim yang lebih kering, maka kondisioner mampu memberikan proteksi ganda untuk menjaga kesehatan rambut anak.

  1. Jangan Lupa Disisir

Menjaga kesehatan rambut anak tidak hanya berfokus pada sesi mandi saja lho, Mums. Perawatan sehari-hari di luar waktu mandi juga tidak boleh diabaikan, salah satunya adalah menyisir rambut.

Menyisir rambut dapat menstimulasi pori-pori di kulit kepala agar terbuka dan membantu produksi sebum yang sehat. Bahkan, aktivitas ini juga bisa membantu mengurangi cradle cap di kepala si Kecil, lho.

Jangan lupa untuk memilih sisir yang berbulu halus atau memiliki gigi yang jarang-jarang. Hindari menyisir rambut si Kecil dalam kondisi basah setelah dikeramas dan terlalu sering, cukup sisir 1-2 kali sehari saja.

  1. Hati-hati Penggunaan Aksesori Rambut

Aksesoris rambut anak, khususnya perempuan, memang sangat menggemaskan ya, Mums? Namun, perlu hati-hati dalam memilih aksesoris rambut dan ketika memakaikannya di rambut si Kecil. Jangan memakaikan si Kecil bandana atau jepitan yang terlalu ketat serta mengikat rambutnya terlalu kencang agar rambutnya tidak rusak ataupun rontok.

  1. Berikan Makanan yang Kaya Akan Nutrisi

Di 6 bulan pertama, si Kecil memang masih akan menyusu ASI eksklusif. Namun, setelah itu, Mums boleh memberikannya makanan bernutrisi yang dapat membantu menyehatkan rambut, seperti protein, kalsium, karbohidrat kompleks, lemak baik, zat besi, asam lemak omega-3, serta vitamin A, B, C, dan E.

  1. Pilih Produk Hair Care yang Tepat

Ini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan rambut anak yang tidak boleh disepelekan. Produk hair care yang digunakan di rambut si Kecil tidak boleh sembarangan, melainkan harus yang khusus diformulasikan untuk mengakomodasi kebutuhan rambut dan kulit sensitifnya. Jika asal memilih, yang ada malah dapat berujung iritasi dan masalah kulit lainnya. Duh, jangan sampai hal tersebut terjadi pada si Kecil ya, Mums!

Rangkaian produk hair care dari Buds Organics bisa menjadi pilihan. Untuk menjaga dan merawat rambut dan kulit kepala si Kecil, produk hair care dari Buds Organics memberikan minimum 95% bahan organik, bebas pewangi buatan dan zat kimia berbahaya, serta telah tersertifikasi oleh Ecocert, sehingga terjamin aman dan berkualitas untuk kulit kepala si Kecil.

Untuk usia 6 bulan - 3 tahun, Everyday Shampoo akan menutrisi kulit kepala si Kecil saat dia mulai memasuki masa aktifnya. Sedangkan Lavender dan Orange Shampoo efektif untuk membersihkan rambut secara menyeluruh tanpa menyebabkan gatal dan iritasi pada kulit kepala si Kecil di usia 3 - 12 tahun.

Setelah keramas, Mums juga bisa berikan si Kecil kondisioner khusus untuk anak. Buds Conditioner mampu membantu melembutkan rambut dan menutrisi kulit kepala si Kecil, sehingga kesehatan rambutnya semakin terjaga.

Sekalipun ada mitos kalau kondisioner tidak baik diberikan untuk anak, Mums tidak perlu takut karena Buds Conditioner tidak mengandung silikon dan bahan kimia berbahaya. Penggunaan Buds Conditioner tidak akan menyebabkan pori-pori kulit kepala si Kecil tersumbat, berketombe, ataupun iritasi.

Nah, itulah cara menjaga kesehatan rambut anak yang bisa Mums terapkan sejak dini. Meskipun rambut si Kecil masih belum sebanyak atau setebal rambut orang dewasa, bukan berarti tidak perlu dirawat dan disepelekan ya, Mums. Pilih pula produk yang tepat dan khusus untuk bayi agar si Kecil terhindar dari gatal dan iritasi. Mums siap untuk lakukan berbagai tips menjaga rambut si Kecil? SIAP DONG!

Sumber: Guesehat

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo