Cara Tepat Mengobati Luka Anak dengan Bahan Alami dan Organik

Kapan dan bagaimana anak bisa terluka tentu tidak bisa sepenuhnya dikontrol oleh orang tua. Ada masa dimana anak sedang aktif-aktifnya bermain di luar ruangan, dan hal ini sering kali menyebabkan si Kecil mengalami luka minor yang terjadi begitu saja.

Tidak hanya lukanya saja yang perlu Moms perhatikan, namun bahaya infeksi bakteri yang mengancam, jika lukanya tidak segera diobati. Namun, Mommy tidak perlu cemas, Moms bisa gunakan bahan alami yang terjamin aman dan efektif untuk mengobati luka si Kecil.

Nah, di artikel ini Moms akan menemukan informasi tentang bagaimana cara alami untuk mengatasi luka yang terjadi pada anak. Bahkan Moms tidak perlu menggunakan bahan kimia berbahaya untuk pertolongan pertama dan merawat luka si Kecil.

Apa Saja Jenis Luka yang Sering Terjadi pada Anak?

Ketika anak cukup aktif bermain di luar rumah, beberapa kecelakaan kecil tentu tidak bisa terhindarkan. Berikut ini berbagai jenis luka yang sering terjadi pada anak:

  • Terjatuh

Luka akibat terjatuh adalah yang paling umum terjadi pada anak ketika sedang bermain di luar. Apabila si Kecil terjatuh dan mengalami luka, sebaiknya Moms segera merawatnya dengan hati-hati ya. 

Pastikan Mommy tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, apalagi yang mengandung alkohol untuk membersihkan dan mengobati lukanya. Sebab alkohol dapat mematikan jaringan kulit yang terbuka, sehingga lukanya menjadi lebih lama untuk sembuh.

  • Sunburnt

Sengatan dan radiasi sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit si Kecil menjadi melepuh dan terluka. Selain perih, sengatan matahari juga meninggalkan luka pada kulit. Kabar baiknya, ada beberapa bahan alami yang bisa Mommy gunakan untuk mengobati sekaligus mencegah kondisi ini pada kulit si Kecil.

  • Biang Keringat

Ketika saluran keringat tersumbat, biang keringat adalah hal yang tidak bisa terhindarkan. Selain tidak nyaman, luka yang satu ini juga terasa hangat bila disentuh. Pastikan Mommy mengatasi kondisi ini sebelum timbulnya infeksi.

  • Gigitan Serangga

Anak-anak terutama balita, sangat rentan digigit nyamuk maupun serangga lainnya. Meskipun terdengar sepele, namun bekas gigitannya seringkali meninggalkan bekas apalagi jika digaruk. Hal ini akan sangat mengkhawatirkan, apalagi si Kecil memiliki kulit yang sensitif.

Meredakan Luka Anak dengan Perawatan Organik

Anak-anak yang aktif, bahkan bayi yang menghabiskan hari-harinya di tempat tidur, rentan mengalami luka. Mulai dari memar hingga gigitan nyamuk, semuanya bisa meninggalkan bekas pada kulit.

Namun, sebagai orang tua Moms tidak perlu khawatir karena ada beberapa bahan alami yang bisa Moms gunakan untuk mengobati luka si Kecil. Berikut bahan-bahannya:

  • Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal lidah buaya? Tanaman ini memiliki segudang manfaat, mulai dari melembapkan kulit hingga mengatasi luka bakar.

Lidah buaya atau aloe vera memiliki kemampuan analgesik dan meringankan rasa sakit, terutama akibat terbakar sinar matahari. Selain itu, tanaman yang satu ini merupakan obat luka anak yang tidak menyebabkan perih, sehingga sangat dibutuhkan ketika anak terjatuh dan berdarah.

  • Comfrey

Comfrey merupakan tanaman yang sudah digunakan sebagai obat untuk luka sejak lama. Tidak hanya untuk luka terbuka, kandungan allantoin di dalamnya membantu meregenerasi jaringan kulit si Kecil. Namun, tanaman herbal yang satu ini hanya untuk penggunaan luar dan tidak untuk konsumsi.

  • Arnica

Arnica memiliki kemampuan pengobatan yang baik untuk mengurangi peradangan dan perdarahan. Oleh karena itu, tanaman yang satu ini, biasanya dalam bentuk salep, sering menjadi pilihan untuk merawat luka lecet agar cepat kering. Bahkan lebam pun dapat teratasi dengan menggunakan arnica.

  • Calendula

Selain memiliki tampilan yang cantik, calendula juga berguna untuk mengatasi iritasi kulit dan luka ringan. Tanaman yang satu ini juga mengandung antiseptik dan anti-fungal sehingga cocok untuk pertolongan pertama saat si Kecil terluka. Tanaman ini sangat lembut, sehingga Mommy bisa memberikannya pada kulit bayi sekalipun.

Pertolongan Pertama untuk Luka pada Anak

Saat ini, Moms tidak perlu repot mencari bahan-bahan alami di atas karena Buds Organics punya solusinya. Sebagai produk yang menggunakan bahan-bahan alami dan organik, Buds Organics Save Our Skin bisa memberikan pertolongan pertama pada berbagai luka si Kecil dengan optimal.

Lotion yang satu ini dapat meredakan lecet, luka gores, luka bakar, gigitan nyamuk, hingga lebam dengan mudah. Selain mengandung bahan organik dan alami, lotion ini tidak menggunakan pewangi buatan, bebas bahan kimia, dan berguna menghidrasi kulit. Oleh sebab itu, Save Our Skin mampu mengatasi luka si Kecil tanpa menimbulkan efek samping.

Untuk mempermudah Mommy saat si Kecil terluka, jangan lupa untuk selalu sedia Save Our Skin di rumah ya, Moms. Selain mengatasi luka pada anak dengan cepat dan aman, lotion ini juga mempercepat regenerasi kulit dan menjauhkan bakteri serta kuman dari luka. Win-win solution, bukan?

Nah, setelah tahu penyebab dan bahan alami apa saja yang optimal untuk mengobati luka si Kecil, sekarang Mommy sudah tahu kan cara mengantisipasi dan mengobati luka si Kecil dengan tepat? Segera berikan pertolongan pertama saat anak terluka ya Moms, agar lukanya tidak menimbulkan infeksi dan cepat sembuh.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo