Cara Merawat Jahitan Pasca Melahirkan Normal dan Caesar

Merawat jahitan pasca melahirkan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh setiap ibu setelah proses persalinan. Dengan mengetahui cara merawat jahitan pasca melahirkan akan membantu mencegah timbulnya infeksi serta mempercepat proses penyembuhan.

Lalu, bagaimana sih cara merawat jahitan pasca melahirkan baik normal maupun caesar? Sebelum itu, yuk cari tahu dulu perbedaan metode melahirkan normal dan caesar. Simak sampai habis ya.

Metode Melahirkan Normal dan Caesar

Ada dua metode umum dalam persalinan saat ini, yaitu melahirkan secara normal dan operasi caesar. Kedua metode ini tentu berbeda dalam hal proses maupun indikasi medis yang ditetapkan. 

Metode Melahirkan Normal

Melahirkan normal yang juga dikenal persalinan vaginal adalah proses alami di mana bayi dilahirkan melalui vagina. Biasanya persalinan normal terjadi pada usia kehamilan 37 hingga 42 minggu. Proses ini melibatkan tahapan-tahapan seperti pembukaan, pengeluaran, dan penutupan rahim.

Kelebihan Melahirkan Normal

Banyak ibu memilih persalinan secara normal karena punya banyak kelebihan, antara lain:

  1. Bisa pulih lebih cepat daripada melahirkan caesar
  2. Mengurangi risiko infeksi pada ibu dan bayi. 
  3. Risiko kematian lebih rendah daripada operasi caesar. 
  4. Memungkinkan transfer mikrobiota yang sehat dari ibu ke bayi. 

Kekurangan Melahirkan Normal

Meski punya banyak kelebihan, ada juga kekurangan persalinan normal:

  1. Ibu akan mengalami kontraksi dan rasa sakit yang kuat, dan tidak semua ibu mampu atau ingin menghadapi tingkat nyeri ini. 
  2. Memiliki kemungkinan intervensi medis, seperti episiotomi atau bantuan vakum atau forceps untuk membantu proses kelahiran. 
  3. Pada kondisi kehamilan tertentu, melahirkan normal menjadi pilihan yang tidak aman bagi ibu dan bayi.

Metode Melahirkan Caesar

Operasi caesar atau seksio sesarea (C-Section) adalah proses persalinan yang melibatkan sayatan di perut dan rahim untuk mengeluarkan bayi. Prosedur ini dilakukan dalam situasi medis tertentu, seperti posisi bayi sungsang, masalah kesehatan ibu atau bayi, atau kegawatdaruratan selama persalinan. 

Kelebihan Melahirkan Caesar

Metode ini kini cukup umum menjadi opsi persalinan karena punya banyak kelebihan, seperti:

  1. Bisa memilih tanggal kelahiran bayi saat mendiskusikan tanggal tindakan operasi dengan dokter kandungan.
  2. Pada beberapa kasus, dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi kesehatan ibu atau bayi. 

Kekurangan Melahirkan Caesar

Meski punya banyak kelebihan, ada juga kekurangan persalinan melalui operasi caesar, yaitu:

  1. Waktu pemulihan umumnya lebih lama. 
  2. Ibu berisiko mengalami infeksi dan komplikasi bedah seperti hipoksia, overdosis obat, apnea, luka, ruptur uteri, dan lainnya. 
  3. Bayi berisiko memiliki mengi dan asma lebih tinggi daripada persalinan normal.

Cara Merawat Luka Jahit Pasca Melahirkan Normal dan Caesar 

Baik persalinan normal maupun caesar, umumnya akan ada jahitan. Nah, luka bekas jahitan pada vagina atau perut ini harus dirawat dengan baik agar cepat pulih. Berikut beberapa cara merawat luka jahit pasca melahirkan agar cepat kering dan terhindar dari infeksi:

1. Jaga Kebersihan Area Luka Jahitan

Jagalah kebersihan area luka dengan menggunakan air hangat dan sabun yang lembut. Tak perlu digosok, cukup alirkan air di atas luka jahitan. Jika Kamu melahirkan normal, jaga kebersihan area perineum dengan rutin mengganti pembalut minimal 4 kali sehari.

Selain itu, cara merawat jahitan pasca melahirkan normal juga dengan menggunakan air hangat setiap membersihkan area vagina.

2. Istirahat yang Cukup

Merawat jahitan pasca melahirkan, dapat Kamu lakukan dengan memberi tubuh waktu yang cukup untuk istirahat dan pemulihan. Hindari aktivitas fisik yang berat dan prioritaskan tidur yang cukup agar tubuh dapat pulih dengan optimal.

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Pastikan Kamu makan makanan sehat dan bergizi, termasuk protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Contoh makanan yang dapat membantu luka jahitan melahirkan cepat kering adalah ikan gabus dan telur rebus yang kaya protein. 

Tips agar Luka Pasca Melahirkan Normal dan Caesar Cepat Sembuh

Berikut adalah beberapa tips merawat jahitan pasca melahirkan baik normal maupun caesar yang bisa Kamu lakukan agar cepat sembuh:

  1. Hindari hubungan seksual yang terlalu dini, karena bisa membuka kembali luka bekas jahitan. 
  2. Konsultasikan segera ke dokter jika terjadi infeksi. Ciri infeksi jahitan pasca melahirkan normal dan caesar yaitu kemerahan, bengkak, keluarnya cairan tidak sedap, atau demam.
  3. Rutin berjalan kaki untuk mengurangi risiko penggumpalan darah dan masalah jantung atau pembuluh darah lainnya.
  4. Untuk mencegah sembelit, pastikan Kamu tetap terhidrasi dengan cukup minum air setiap hari.
  5. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Kamu bisa memilih pakaian longgar yang terbuat dari bahan lembut dan tidak menyebabkan iritasi pada area jahitan. Hindari menggunakan celana atau rok yang ketat di sekitar area jahitan. Kamu bisa gunakan celana dalam khusus dari Belly Bandits C-Section Recovery Briefs. Produk ini dirancang untuk melindungi area jahitan dan mengurangi pembengkakan setelah melahirkan. Terbuat dari serat perak yang dapat menyerap lembap dan memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga dapat menghilangkan bakteri dan bau, produk ini cocok digunakan ibu yang melahirkan normal maupun caesar. 

Nah, Kamu bisa coba ikuti cara merawat jahitan pasca melahirkan di atas untuk mempercepat proses pemulihan pasca melahirkan. Namun jika dalam beberapa minggu luka jahitan tidak kunjung membaik, konsultasikan dengan dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2024 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo