Cara Mengembalikan Bentuk Tubuh Setelah Melahirkan

Perubahan berat badan dan bentuk tubuh setelah melahirkan adalah hal yang wajar. Namun, beberapa wanita merasa khawatir bentuk tubuh tidak dapat kembali seperti semula. Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan. Mulai dari menyusui hingga menggunakan korset melahirkan.

1. Menyusui

Saat hamil, berat badan Anda bertambah. Oleh karena itu, langkah awal untuk mengembalikan bentuk tubuh kembali saat sebelum hamil dengan menurunkan berat badan. Membakar kalori adalah cara menurunkan berat badan yang paling efektif. Dan siapa sangka, menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), menyusui dapat membakar 450 hingga 500 kalori setiap harinya. Hal ini tentu akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

Wanita yang memberikan ASI eksklusif selama 3 bulan memiliki penurunan berat badan 1,5 kg lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak menyusui atau mengombinasikan ASI dengan susu formula.

Memang tak bisa disangkal beberapa wanita tidak dapat menyusui selancar yang lainnya. Penyebabnya mungkin karena ASI sedikit. Namun jika Anda ingin menurunkan berat badan, usahakan untuk menyusui saat Anda dapat melakukannya.

2. Menjaga makanan

Ibu menyusui perlu mengonsumsi banyak makanan agar bisa memberikan nutrisi yang baik pada bayi lewat ASI. Namun pastikan makanan atau minuman yang Anda konsumsi tidak menyebabkan berat Anda naik.

Selama masa menyusui hindari makanan yang tinggi gula seperti cake atau jus buah dalam kemasan. Selain dapat menambah berat badan, gula juga tidak memberikan banyak nutrisi bagi Anda dan si Kecil.

Selain itu, batasi mengonsumsi kopi. Pasalnya, kopi dapat membuat Anda sering buang air kecil sehingga kehilangan cairan yang diperlukan oleh tubuh. Minum kopi juga dapat memengaruhi jam tidur Anda dan si Kecil.

Sebagai gantinya Anda dapat mengonsumsi makanan sehat yang merangsang produksi ASI seperti:

  • Telur
  • Ikan
  • Susu
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran hijau
  • Biji-bijian 
  • Buah

Semakin lancar produksi ASI Anda semakin banyak Anda dapat membakar kalori lewat menyusui.

Namun perhatikan juga jika bayi mengalami ruam atau gatal-gatal setelah Anda mengonsumsi makanan ini. Bisa jadi, anak alergi terhadap salah satu bahan makanan tersebut. Jika demikian, segera konsultasikan ke dokter.

3. Olahraga ringan bersama anak

Aktivitas rutin dapat membantu membakar kalori. Anda tak perlu berolahraga berat untuk menurunkan berat badan. Aktivitas ringan seperti menggendong anak atau berjalan keluar rumah sambil mendorong kereta dorong anak bisa menjadi alternatif. Selain membakar kalori, tentunya hal ini  juga menyenangkan untuk Anda karena melakukannya bersama si Kecil. 

4. Memijat area perut

Selain berat badan, kulit Anda juga mengalami perubahan setelah melahirkan. Saat Anda hamil, kulit di area perut mengalami peregangan sehingga menyebabkan timbulnya stretch mark. Memijat area tersebut dapat membuat kulit kembali kencang. Terlebih jika Anda memijatnya menggunakan minyak khusus seperti Buds Organics Massage Oil for Postpartum Mothers.

Buds Organics Massage Oil for Postpartum Mothers adalah minyak pijat pascamelahirkan yang terbuat dari bahan-bahan organik dan telah tersertifikasi Ecocert. Kandungannya mampu menjaga dan menutrisi kulit sehingga membantu mengembalikan kulit seperti saat sebelum kehamilan.

Selain itu, Minyak pijat ini juga dapat menenangkan otot dan kulit Anda, serta mempercepat penyembuhan bekas luka operasi caesar. Buds Organics Massage Oil for Postpartum Mothers tidak mengandung pewangi, pengawet buatan, serta bahan kimia berbahaya lainnya sehingga aman digunakan untuk kulit.

5. Menggunakan korset setelah melahirkan

Sejak zaman dahulu korset atau pembebat digunakan untuk membantu para ibu yang telah melahirkan untuk mengembalikan bentuk tubuhnya. Korset berfungsi sebagai penyangga perut dalam masa penyembuhan pascamelahirkan.

Korset juga sangat bermanfaat mempercepat penyembuhan bagi wanita yang melahirkan secara caesar. Pasalnya perut membutuhkan penyangga setelah mengalami sayatan. 

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa wanita yang menggunakan korset setelah melahirkan secara caesar lebih sedikit merasakan sakit dan perdarahan dibandingkan wanita yang tidak menggunakannya.

Zaman dulu korset terbuat dari sehelai kain yang dililitkan ke perut. Namun saat ini Anda dapat menggunakan korset yang dirancang khusus untuk ibu yang baru melahirkan. Salah satunya adalah Belly Bandit Viscose from Bamboo Belly Wrap, yang dirancang untuk mengembalikan bentuk pinggul, perut, dan pinggang pascamelahirkan. Pembebat ini terbuat dari bahan yang lembut sehingga nyaman dipakai saat beraktivitas.

Selain itu korset ini juga memberikan beberapa manfaat seperti:

  • Memperkuat core muscle
  • Meredakan sakit punggung  
  • Membantu mempercepat penyembuhan setelah melahirkan
  • Kompresi kelas medis untuk membantu melancarkan cairan ke seluruh tubuh
  • Membantu meminimalisir stretch mark

Bentuk tubuh ideal pascamelahirkan

Mengembalikan bentuk tubuh pascamelahirkan bukanlah hal yang mustahil. Dengan melakukan cara-cara di atas, Anda dapat membuat tubuh Anda kembali ke bentuk seperti saat sebelum kehamilan.

Bagi beberapa orang, perubahan bentuk tubuh dapat terjadi dengan cepat sementara untuk yang lainnya terasa lambat. Namun, Anda tak perlu khawatir, selama Anda melakukannya dengan konsisten, cepat atau lambat hal tersebut bisa dicapai.

Sumber: SehatQ

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo