Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

“Bagaimana, ya, cara mengecilkan perut setelah melahirkan?”

Sebagai ibu yang baru melahirkan, pertanyaan tersebut mungkin sering hadir di benak Kamu. Meski perut buncit dan bergelambir setelah melahirkan adalah hal yang sangat normal, hal ini bisa saja menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Berikut ini akan dibahas alasan perut tak langsung susut setelah melahirkan, serta cara tepat mengecilkan perut. Jadi, simak hingga akhir ya

Kenapa Setelah Melahirkan Perut Masih Tetap Besar?

Pertambahan berat badan saat hamil adalah hal yang biasa. Namun, mengapa perut menjadi buncit meski sudah melahirkan?

Pertama-tama, ketahuilah bahwa rahim memiliki otot yang membuatnya menjadi elastis. Tujuannya adalah agar rahim bisa meregang dan memberi ruang pada bayi yang sedang bertumbuh.

Sebagai gambaran, ketahuilah bahwa kapasitas rahim bisa bertambah hingga 15 kali lipat selama kehamilan. Setelah bersalin, ukurannya kembali mengecil hingga 10cm saja, meski proses ini membutuhkan waktu. Kondisi ketika rahim belum mengecil inilah yang menimbulkan gelambir pada perut.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kondisi Perut Pasca Melahirkan

Meski sama-sama baru melahirkan, terkadang ada saja para ibu yang perutnya tetap rata. Kenapa itu bisa terjadi? Apakah perut buncit setelah melahirkan bisa kembali normal?

Tenang saja, karena kondisi tersebut bisa berubah. Umumnya, perubahan perut akan terjadi dalam kurun waktu 6 minggu hingga 1 tahun setelah melahirkan.

Meski begitu, perubahan tersebut bisa berbeda-beda pada setiap orang. Hal itu sangat bergantung pada;

  • Ada atau tidaknya luka setelah melahirkan, terutama untuk ibu yang melahirkan secara caesar.
  • Intensitas aktivitas fisik setelah bersalin
  • Jumlah kenaikan berat badan saat kehamilan
  • Faktor keturunan

Jadi, jangan minder dulu jika Kamu melihat seorang ibu yang tetap singset setelah melahirkan, karena kondisi tubuh setiap orang berbeda.

Tips Mengecilkan Perut Sehabis Melahirkan

Bagaimana cara mengecilkan perut setelah melahirkan? Coba praktikkan hal-hal berikut;

1. Pastikan Asupan Makanan Seimbang

Menentukan menu makanan setelah melahirkan bisa jadi gampang gampang susah. Di satu sisi, Kamu mungkin ingin diet untuk mengecilkan perut. Namun, di sisi lain, Kamu tak bisa membatasi makan agar nutrisi pada ASI tetap melimpah.

Jika sudah begitu, ingatlah bahwa kuncinya bukanlah mengurangi porsi makan, namun memilih makanan dengan kandungan gizi seimbang. Perbanyak variasi makanan dengan cara menyertakan buah, sayur, biji-bijian, protein, serta produk susu dalam piring.

2. Rajin Menyusui

Faktanya, menyusui dapat membantu mengurangi kalori dalam tubuh hingga 500 kalori per hari. Jika dipadukan dengan makan makanan bergizi seimbang, Kamu berpotensi mengurangi 0,5 kg per minggu. Ini menjadi hal yang efektif untuk mengecilkan perut pasca melahirkan.

Meski kesannya tak banyak, proses menyusui juga dapat membantu Kamu mengurangi bobot tubuh secara bertahap. Hal ini lebih sehat daripada diet ketat yang membuat bobot Kamu berkurang secara instan.

3. Konsisten Berolahraga

Tidak sedikit ibu yang enggan berolahraga setelah melahirkan. Padahal, olahraga yang dilakukan dengan konsisten bisa membantu mengecilkan perut setelah melahirkan. Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi sakit punggung, konstipasi, hingga membuat tidur lebih nyenyak.

Banyak olahraga mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa dilakukan. Beberapa contohnya adalah jalan kaki, senam kegel, yoga, atau berenang.

4. Upayakan Tidur yang Cukup

Mendapatkan waktu tidur yang cukup mungkin terasa menantang bagi ibu yang baru melahirkan. Namun, sebaiknya tetap upayakan agar Kamu tidak sampai kurang tidur.

Pasalnya, kurang tidur berpotensi mengacaukan upaya Kamu untuk mengurangi berat badan. Saat kurang tidur, terdapat potensi peningkatan rasa lapar, metabolisme tubuh menjadi kacau, hingga pemilihan asupan makanan yang tidak baik.

5. Gunakan Korset

Menggunakan korset postpartum terbukti efektif untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Namun, jangan asal pilih. Pastikan Kamu menggunakan korset yang aman, nyaman, dan berkualitas, seperti Belly Bandit Mother Tucker Corset yang efektif mengecilkan perut pasca melahirkan.

Produk korset dari Belly Bandit sudah teruji oleh FDA sebagai alat medis yang digunakan pasca kehamilan. Produk ini menggunakan bahan berkualitas tinggi dengan teknologi SecureStretch™ yang tidak hanya mengecilkan perut dan terlihat singset, tapi juga nyaman digunakan.

Menggunakan produk Belly Bandit Mother Tucker Corset adalah salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Jika menggabungkan kelima cara diatas, bukan mengecilakn perut bukan lagi menjadi hal yang tak mungkin. Yuk, coba sekarang juga.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2024 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo