Cara Jitu Hilangkan Stretch Mark dengan Cepat

Stretch mark merupakan salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu bagi perempuan. Meski tidak terindikasi adanya bahaya secara medis dan normal dialami oleh siapa saja, namun kemunculannya dapat mengurangi rasa percaya diri. Tidak heran jika banyak orang ingin menghilangkan stretch mark.

Apa Itu Stretch Mark?

Stretch mark merupakan guratan pada kulit yang teksturnya seperti bekas luka memanjang dan bergelombang. Biasanya terdapat pada area tubuh yang banyak mengandung lemak, seperti paha, lengan atas, payudara, bokong, dan perut atas.

Pada awalnya guratan ini berwarna merah, atau ungu yang lama kelamaan berubah menjadi abu-abu atau putih.  Permasalahan kulit ini tidak hanya muncul pada saat pasca melahirkan saja, namun juga bisa terjadi pada kasus beragam seperti kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis. Dan tidak hanya pada perempuan, stretch mark juga bisa terjadi pada laki-laki.

Perbedaan Stretch Mark dan Selulit

Sebagian masyarakat menganggap stretch mark dan selulit adalah dua istilah yang sama. Padahal keduanya mempunyai bentuk, warna dan cara penanganan yang berbeda. Agar lebih jelas, simak ulasannya di bawah ini.

Dari Segi Bentuk dan Warna

Apabila Anda mengamati dengan seksama, selulit dan stretch mark mempunyai bentuk serta tekstur yang berbeda. Bentuk Selulit terlihat seperti kulit jeruk dan bergelombang, sementara stretch mark berupa guratan atau garis putih, yang terlihat mencolok pada kulit. 

Di samping itu, warna selulit tidak berbeda dengan warna kulit Anda. Sebaliknya, warna stretch mark terlihat berbeda dengan kulit asli Anda, yakni putih atau kelabu tergantung jenis kulit Anda. 

Dari Segi Penyebab

Penyebab selulit adalah perubahan struktur sel lemak yang bertumpuk di bawah kulit. Tanpa sadar penumpukan lemak ini akan menimbulkan bentuk tonjolan pada kulit. Faktor genetik juga turut menyumbang risiko munculnya selulit. 

Berbeda dengan stretch mark, masalah kulit yang satu ini banyak dialami oleh perempuan setelah melahirkan. Biasanya stretch mark terjadi karena adanya peregangan kulit ketika perut membesar saat hamil. Kemunculan stretch mark semakin meningkat juga karena adanya perubahan hormon, bertambah atau menurunnya berat badan. 

Dari Segi Letak

Anda bisa menemukan selulit di bagian tubuh mana saja, seperti paha, pinggul, bokong atau perut. Bahkan pada anak-anak atau remaja, selulit bisa muncul pada bagian leher atau wajah.  Sementara stretch mark sering Anda jumpai pada area tubuh yang mudah meregang, misalnya lengan atas, bokong, perut atau paha.

Apa Perbedaan Stretch Mark dari Segi Warna?

Umumnya stretch mark yang baru muncul akan berwarna kemerahan. Warna merah sebagai tanda adanya pembuluh darah yang berada di bawah kulit. Jika Anda lebih cepat mengatasinya, maka akan lebih mudah menghilangkannya. 

Namun, stretch mark berwarna putih menjadi tanda bahwa pembuluh darah sudah menyempit. Artinya, untuk menghilangkan stretch mark putih pun akan semakin sulit dan butuh waktu yang lama. 

Mitos dan Fakta Stretch Mark

Berikut adalah beberapa mitos yang berkembang di masyarakat tentang stretch mark, antara lain :

  • Mitos 1 : Stretch mark hanya muncul saat berat badan naik. Sebagian masyarakat beranggapan bahwa stretch mark hanya muncul saat berat badan bertambah. Faktanya, stretch mark terjadi karena saat kulit melebar dan merenggang saat hamil, terdapat ketidakseimbangan kolagen dan elastisitas di lapisan kulit. 
  • Mitos 2 : Stretch mark tidak bisa dihilangkan. Faktanya, stretch mark bisa hilang dengan berbagai cara, meski ada sebagian yang masih terlihat samar-samar. 
  • Mitos 3 : Stretch mark hanya pada perempuan. Faktanya, laki-laki maupun perempuan bisa muncul stretch mark. Hanya saja, pada tubuh perempuan lebih peka pada perubahan, khususnya sebelum dan setelah kehamilan. 

Cara Jitu Hilangkan Stretch Mark mulai dari Trimester Pertama

Berikut berbagai cara menghilangkan stretch mark dengan cepat,

  • Gunakan bahan alami

Minyak zaitun, lidah buaya, dan gula merupakan tiga bahan alami yang sehari-hari bisa Mommy jumpai. Minyak zaitun mengandung antioksidan yang membantu meregenerasi kulit yang rusak. Mommy bisa mengoleskan minyak zaitun pada stretch mark secara merata.

Selain itu ada juga gel lidah buaya yang bisa Mommy gunakan untuk menghilangkan stretch mark. Mommy cukup mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada bagian stretch mark, diamkan selama 2-3 jam, lalu bilas dengan air.

Terakhir, Mommy bisa gunakan gula untuk menghilangkan stretch mark. Bagaimana caranya? Mommy hanya perlu mencampurkan gula, perasan lemon, dan minyak zaitun, lalu oleskan ke stretch mark selama 10 menit, kemudian bilas dengan air

  • Gunakan laser

Menggunakan laser dinilai menjadi cara tercepat dan mudah untuk menghilangkan stretch mark. Namun, car aini membutuhkan biaya yang mahal serta harus dilakukan secara menyeluruh. Jika tidak, maka stretch mark kemungkinan bisa kembali lagi.

  • Gunakan krim khusus stretch mark

Terakhir, Mommy bisa menggunakan krim khusus penghilang stretch mark. Tapi, jangan sembarang pilih ya. Mommy harus jeli memilih krim stretch mark yang tidak memiliki kandungan penyebab iritasi dan alergi, seperti paraben, alkohol, dan phthalates. Pilihlah krim yang mengandung bahan alami sehingga lebih aman untuk kulit Mommy.   Beautiful Blooming Belly Stretch Mark Cream & Anti Itch Shooting Vit-C Belly Cream dari Buds Organics bisa menjadi salah satu krim yang dapat Mommy gunakan. Kedua krim ini efektif untuk mencegah atau menyamarkan stretch mark, dan dapat digunakan mulai dari trimester pertama. Selain itu, krim ini juga dapat mengurangi rasa gatal pada perut, juga dapat melembabkan dan menutrisi kulit perut. Terlebih lagi, 95% kandungannya berbahan organik, tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan sudah tersertifikasi ECOCERT.

Lalu, bagaimana jika stretch mark yang sudah lama ada? Apakah tetap masih bisa hilang?  Tenang saja Moms, kedua Belly Cream ini juga ampuh untuk menyamarkan stretch mark yang sudah lama. Untuk cara penggunaanya, Mommy hanya cukup mencampurkan Beautiful Blooming Belly Stretch Mark Cream & Shooting Vit-C, dengan perbandingan 1:1. Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang Anda inginkan.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Mommy bisa gunakan BDA Maternity Tank dari Belly Bandit. Tank top ini terbuat dari bahan wonder weave yang dapat menjaga krim bebas stretch mark Mommy tetap terserap sempurna ke dalam kulit. Tank top ini bisa Mommy gunakan sebelum saat dan setelah melahirkan, karena didesign anti melar dan dapat menyesuaikan bentuk tubuh.

Sekarang Mommy sudah tahu kan penyebab, fakta mitos, dan bagaimana cara menghilangkan stretch mark. Mommy bisa coba dan rutin lakukan tipsnya untuk dapatkan hasil yang optimal.

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo