5 Camilan dan Makanan Tinggi Serat untuk Anak

Makanan tinggi serat penting bagi kesehatan anak. Sayangnya anak enggan memakan sumber serat seperti sayur dan buah. Coba ide berikut agar mereka tertarik.

Agar anak tumbuh sehat, memberikannya makanan tinggi serat adalah hal yang penting. Serat menjaga pencernaan si Kecil tetap sehat dan mencegah terjadinya diabetes di usia dini. Serat bisa didapatkan dari beragam jenis buah dan sayuran.

Sayangnya, anak-anak cenderung enggan memakan buah-buahan dan sayuran. Penyebabnya berasal dari rasa dan warna yang tidak menarik bagi anak-anak. Di samping itu kebiasaan makan sayur dan buah di dalam keluarga juga menjadi faktor yang memengaruhinya. Oleh karena itu, orangtua wajib memiliki ide kreatif memberikan makanan tinggi serat yang disukai oleh anak-anak.

Manfaat makanan tinggi serat bagi anak

Sebelum membahas ide makanan apa saja yang bisa Anda berikan, ada beberapa manfaat serat yang perlu Anda ketahui.

  • Mengurangi risiko diabetes

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi membuat anak kenyang lebih lama. Hal ini membuat anak enggan untuk mengonsumsi camilan, terutama yang mengandung banyak gula. Makanan yang mengandung serat tinggi memiliki kalori yang rendah sehingga cukup aman jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

  • Menjaga kadar gula darah

Makanan yang mengandung serat tinggi dan juga karbohidrat tidak menyebabkan lonjakan gula darah saat dikonsumsi. Hal ini dikarenakan makanan serat tinggi memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah karbohidrat kompleks sebelum diserap. Sementara tubuh hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk memproses dan menyerap karbohidrat sederhana (seperti gula) yang membuat kadar gula darah meningkat dengan cepat.

  • Memenuhi kebutuhan vitamin

Selain mengandung karbohidrat kompleks, makanan berserat tinggi biasanya juga mengandung beragam vitamin yang baik untuk anak seperti vitamin A dan C.

5 makanan tinggi serat untuk anak

Idealnya, anak usia 1-3 tahun perlu mengonsumsi serat sebanyak 19 gram dan anak usia 4-8 tahun sebanyak 25 gram setiap hari. Setelah mengetahui pentingnya fungsi serat untuk anak, tentunya Anda ingin mencoba berbagai ide camilan sehat untuk anak yang susah makan sayur dan buah.Berikut beberapa makanan yang bisa Anda coba.

  • Apel potong

Buah potong cenderung lebih menarik bagi anak-anak dibandingkan buah utuh. Dengan memotongnya menjadi potongan kecil, anak bisa memakan buah seperti camilan. Anda bisa membuat apel potong sebagai camilan sehat untuk anak. Sebuah apel berukuran kecil mengandung serat sebanyak 3,6 gram. Alternatif lainnya adalah buah pear potong. Buah pear berukuran sedang mengandung serat sebanyak 5,5 gram.

  • Pisang

Pisang utuh memiliki rasa manis dan tekstur lembut yang umumnya disukai anak-anak. Di dalam sebatang pisang berukuran sedang terdapat 3,1 gram serat. Sebagai alternatif dari pisang utuh, Anda bisa memberikan si Kecil jus pisang. 

  • Ubi

Rasanya yang manis menjadikan ubi camilan yang akan disukai oleh anak-anak. Untuk anak usia 1-2 Anda dapat merebus dan menjadikannya bubur lumat (puree). Sementara untuk anak yang berusia lebih tua Anda dapat mengolahnya menjadi camilan ubi panggang. Ubi berukuran sedang mengandung 3,6 gram serat.

  • Beri

Baik stroberi maupun blueberry memiliki rasa manis yang akan disukai anak-anak. Setengah cangkir keduanya bisa mengandung 4 gram serat. Anda bisa memberikannya secara utuh atau mengolahnya menjadi jus.

  • Olahan wortel

Wortel adalah salah satu makanan kaya serat yang juga tinggi vitamin A. Mengolahnya menjadi sup atau wortel panggang bisa menjadi cara untuk membuat anak tertarik memakannya.

Camilan praktis sehat lainnya

Ivenet Bebe Puree dengan tiga rasa

Selain makanan di atas, Anda bisa juga mencoba memberikan Ivenet Bebe Puree untuk membantu memenuhi kebutuhan serat si Kecil. Ivenet Bebe Puree adalah camilan sehat untuk anak usia di atas 12 bulan dari Korea Selatan. Camilan ini mengandung serat tinggi karena terbuat dari paduan lebih dari 8 jenis buah dan sayuran. Kandungan dan serat dan vitamin di dalamnya membantu menjaga kesehatan pencernaan dan jantung serta daya tahan tubuh anak.Ivenet Bebe Puree memiliki dari 3 varian rasa, yaitu:

  • Puree A (terbuat dari buah dan sayur yang kaya vitamin A)
  • Puree B (terbuat dari buah dan sayur yang kaya vitamin B)
  • Puree C (terbuat dari buah dan sayur yang kaya vitamin C)

Camilan nasal Korea Selatan ini juga aman dikonsumsi oleh anak-anak. Ivenet Bebe Puree sudah memperoleh sertifikasi HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) dan ISO 9001 karena tidak mengandung MSG, pemanis tambahan dan bahan pengawet.

Ivenet Bebe Puree memiliki kemasan yang praktis yang mudah dibawa ke mana saja. Baik untuk dijadikan camilan sehat dan praktis saat Anda bepergian. Ivenet Bebe Puree, healthy snacks for your family!

Share this article
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo