Bibir Gatal pada Anak: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bibir gatal pada anak bukan hanya menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi juga bisa menjadi indikasi dari masalah kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, pahami gejala, penyebab, dan cara pengobatannya melalui ulasan berikut agar tidak terjadi bibir gatal yang berkepanjangan.

Gejala Bibir Gatal pada Balita dan Anak

Gejala bibir gatal si Kecil umumnya bervariasi. Namun, ada beberapa tanda umum yang sering muncul. Tentu saja, yang paling menonjol adalah rasa gatal itu sendiri. 

Tidak heran jika Mommy sering mendapati anaknya menggaruk atau menggosok-gosok bibirnya. Selain itu, mungkin ada kemerahan, pembengkakan, atau bahkan luka kecil di area bibir.

Khusus pada balita, gejala bibir gatal mungkin agak sulit terdeteksi. Namun, balita yang mengalami gatal pada bibirnya akan menjadi lebih rewel. Mereka juga sering menyentuh atau mengusap-usap bibirnya, atau menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan saat makan dan minum.

Jika penyebab gatal adalah reaksi alergi, maka gejalanya diiringi ruam di bagian tubuh lain, hidung tersumbat, atau mata berair. Penting untuk memperhatikan tanda-tanda ini, agar Mommy bisa menemukan cara terbaik untuk meredakan gatal sedini mungkin.

Penyebab Bibir Gatal pada Anak

Bibir gatal pada anak bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari reaksi alergi hingga kebiasaan buruk, berikut adalah beberapa penyebab umum dari bibir gatal pada anak.

1. Alergi

Beberapa anak memiliki alergi terhadap makanan, bahan kimia, atau bahan lain yang bisa menyebabkan bibir gatal. Misalnya, alergi terhadap makanan tertentu, pasta gigi, atau lip balm.

2. Kulit Kering

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami bibir kering, terutama di musim dingin atau saat cuaca kering. Kulit yang kering ini umumnya menyebabkan bibir gatal dan pecah-pecah.

3. Infeksi Jamur atau Bakteri

Bibir yang basah atau lembap bisa menjadi tempat yang baik bagi jamur atau bakteri untuk berkembang. Kondisi ini bisa berlanjut menjadi infeksi.

4. Herpes Simplex

Meskipun lebih jarang terjadi pada anak-anak, virus herpes simplex bisa menyebabkan luka di bibir yang disertai dengan rasa gatal.

5. Kebiasaan Menggigit atau Menjilat Bibir

Beberapa anak memiliki kebiasaan menjilat atau menggigit bibir mereka. Selain bisa mengakibatkan iritasi, bibir pun jadi terasa gatal.

Selain faktor-faktor di atas, terpapar sinar matahari yang berlebihan, angin, dan juga polutan bisa mengakibatkan bibir si Kecil menjadi kering. Pada akhirnya, kulit yang kering tersebut memicu rasa gatal.

Mengatasi Bibir Gatal pada Anak

Mengatasi dan mencegah bibir gatal pada anak memerlukan perhatian khusus. Berikut ini adalah cara merawat bibir gatal pada anak yanng bisa Mommy lakukan:

1. Minum Cukup Air Setiap Hari

Pastikan si Kecil minum cukup air sepanjang hari. Menghidrasi tubuh dapat membantu mencegah bibir kering dan gatal secara alami.

2. Hindari Pemicu Alergi, Jika Memang Karena Alergi

Apabila si Kecil memiliki alergi, hindari pemicunya. Oleh karena itu, Mommy sebagai orang tua perlu proaktif untuk memahami alergi seperti ini.

3. Pasang Masker dan Syal Jika Tinggal di Lokasi Dingin

Tinggal di lokasi yang dingin dan kering meningkatkan risiko bibir kering dan gatal. Untuk melindungi si Kecil, pasang masker atau syal untuk menutup area bibir.

4. Hindari Kebiasaan Buruk Menggigit Bibir Sendiri

Ajari si Kecil untuk tidak menjilat atau menggigit bibir mereka. Ini hanya akan memperburuk kondisi bibir yang kering dan gatal.

5. Gunakan Lip Balm yang Aman untuk Anak-Anak

Penggunaan lip balm ini bertujuan untuk menjaga kelembapan bibir si Kecil. Mommy bisa memilih lip balm khusus yang aman dan terbuat dari bahan organik untuk si Kecil, seperti Buds Organics Pukka Pucker.

Lip balm ini diformulasikan khusus untuk bibir si Kecil, memberikan perlindungan maksimal dan nutrisi yang diperlukan untuk bibir. 

Selain terbuat dari bahan organik yang tersertifikasi Ecocert, lip balm yang satu ini sangat aman untuk si Kecil. Produk Buds Organics ini bebas wangi dan rasa, sehingga aman jika tertelan oleh si Kecil. Selain itu juga bebas dari pengawet buatan dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Dalam merawat anak, pilihan produk yang tepat dan aman sangatlah penting. Dengan pemilihan yang tepat, Mommy dapat mengatasi masalah seperti bibir gatal pada anak dengan efektif dan aman.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo