Benarkah Pakaian Sebabkan Kulit Anak Iritasi dan Gatal?

Pernahkah Anda menemukan kulit si Kecil sering mengalami iritasi tanpa sebab? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh pakaian, deterjen, dan pelembut pakaian yang Anda gunakan.

Jika dibandingkan dengan kulit orang dewasa, kulit anak-anak cenderung lebih sensitif. Kulitnya mudah mengalami iritasi bila terkena iritan atau alergen. Salah satu iritan yang seringkali tidak disadari para ibu berasal dari residu zat kimia yang terdapat pada produk pembersih pakaian seperti deterjen, pelembut, dan pewangi pakaian.

Residu zat kimia yang sering membuat kulit anak iritasi adalah, pewangi buatan, sodium lauryl sulfate (SLS), dan formaldehyde.

Selain zat kimia, bahan pakaian juga bisa menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit anak. Kulit anak lebih sensitif dibandingkan orang dewasa, bahan pakaian pada umumnya bisa saja terasa kasar untuk anak. Bahan kain yang kasar dapat membuatnya iritasi dan gatal. Di samping itu beberapa anak cenderung memiliki kulit yang sensitif terhadap bahan kain tertentu.

Tips mencegah iritasi pada kulit anak akibat pakaian

Bila anak mengalami iritasi tanpa sebab, salah satu faktornya bisa berasal dari bahan pakaian tersebut atau pembersih pakaian yang Anda gunakan. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut untuk mencegah kulit anak mengalami iritasi.

  • Cuci pakaian yang baru dibeli

Beberapa orangtua mungkin memiliki kebiasaan untuk langsung mengenakan pakaian yang baru dibeli pada anak tanpa dicuci terlebih dulu. Kebiasaan ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kulit anak iritasi. Zat kimia atau kotoran dapat menempel pada baju yang baru dibeli sehingga menyebabkan iritasi pada anak. Oleh karena itu ada baiknya selalu mencuci pakaian yang baru dibeli sebelum digunakan.

  • Bilas pakaian dua kali

Untuk pakaian sehari-hari, ada baiknya dilakukan pembilasan lebih dari satu kali karena residu zat kimia dari deterjen dan pelembut pakaian dapat tertinggal di pakaian anak. Untuk itu, selalu bilas pakaian anak minimum dua kali, agar sisa zat kimia terbuang seluruhnya.

  • Gunakan deterjen yang aman untuk kulit anak

Cobalah mengganti deterjen yang saat ini Anda gunakan dengan deterjen khusus anak atau yang tidak mengandung pewangi buatan, sodium lauryl sulfate (SLS), dan formaldehyde.

Alternatif lainnya, Anda juga bisa menggunakan deterjen yang diformulasikan secara khusus untuk kulit anak seperti Buds Organics Laundry Detergent.

 

Buds Organics Laundry Detergent adalah produk pembersih pakaian yang dikhususkan untuk anak dan bayi yang memiliki kulit sensitif. Deterjen cair ini terbuat dari bahan-bahan alami dan telah memiliki sertifikasi dari Ecocert, sehingga aman bagi kulit bayi dan juga lingkungan. Saat digunakan untuk mencuci pakaian, deterjen ini tidak meninggalkan residu kimia penyebab kulit iritasi. Gunakan 50 ml (1 tutup botol penuh) Buds Organics Laundry Detergent untuk mencuci 6-7 Kg pakaian.

  • Gunakan pelembut pakaian yang ramah lingkungan

Selain deterjen, residu zat kimia berbahaya juga terdapat pada pelembut pakaian. Oleh karena itu, cobalah mengganti pelembut pakaian Anda dengan pelembut pakaian dengan formula yang ramah pada kulit anak.

Jika Anda bingung mencari pelembut dengan formula yang tepat, Anda bisa menggunakan Buds Organics Fabric Softener. Pelembut pakaian ini tidak mengandung residu zat kimia berbahaya dan terbuat dari bahan-bahan alami yang sudah teruji secara klinis sehingga aman untuk kulit si Kecil dan ramah lingkungan. 

  • Hindari penggunaan pemutih pakaian

Pemutih pakaian dan penghilang noda memiliki zat kimia yang bukan hanya bisa merusak pakaian tetapi juga berbahaya bagi kulit anak-anak. Sebaiknya hindari menggunakan pemutih pakaian untuk mencuci pakaian anak.

  • Gunakan bahan pakaian yang ramah untuk kulit anak

Beberapa anak dapat mengalami iritasi kulit bila bersentuhan dengan bahan pakaian tertentu. Jika anak Anda mengalami iritasi atau gatal tanpa sebab, cobalah gunakan pakaian yang terbuat dari kain berbahan katun, rayon, atau linen. Kain yang terbuat dari bahan-bahan tersebut cenderung memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga tidak membuat anak mudah berkeringat dan mengalami iritasi kulit.

Selain itu Anda juga bisa mencoba pakaian anak yang terbuat dari bahan Lenzing Ecovero. Bahan Lenzing Ecovero terbuat dari serat kayu yang tersertifikasi dan berkelanjutan, serta diproduksi dengan memenuhi standar lingkungan yang tinggi.

Salah satu jenis pakaian yang menggunakan bahan Lenzing Ecovero adalah Kikuko. Kikuko merupakan pakaian tidur anak berbahan Lenzing Ecovero dengan tingkat penyerapan dan kelembutan yang tinggi.

 

Pakaian ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri/jamur, tetap terlihat baru meskipun dicuci berkali-kali, dan memiliki sirkulasi udara yang baik (breathable) sehingga anak tidak merasa panas dan nyaman ketika memakainya. 

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara di atas, namun iritasi dan gatal pada kulit anak masih sering muncul, segeralah berkonsultasi ke dokter. Bisa saja iritasi disebabkan kondisi medis lainnya.

Sumber: SehatQ

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo