Tips Merawat Luka Bekas Jahitan Caesar Agar Cepat Sembuh

Setelah menjalani operasi caesar, perawatan luka menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan proses penyembuhan yang lancar dan menghindari masalah kesehatan. 

Beruntungnya, ada banyak cara merawat luka bekas jahitan caesar yang efektif. Melalui artikel ini, kami akan mengulas tentang luka jahitan sesar dan cara merawatnya. Temukan juga berbagai tips praktis agar luka segera pulih.

Berapa Lama Luka Bekas Jahitan Caesar Sembuh?

Umumnya, ibu yang baru menjalani c-section membutuhkan waktu enam minggu hingga tiga bulan untuk menunggu luka kering dan benar-benar sembuh. Pada bagian dalam, seperti jahitan caesar yang ada di rahim, bisa memerlukan waktu lebih dari tiga bulan agar pulih sepenuhnya. 

Namun, waktu penyembuhan setiap ibu tentu akan berbeda. Pastikan Kamu rajin merawat dan menjaga kebersihan sekitar jahitan. Selain menjaga luka tetap kering, memastikan kebersihan akan meminimalisasi bekas jahitan caesar sakit. Proses penyembuhan pun akan berlangsung lebih cepat tanpa resiko infeksi.

Tanda Jahitan Caesar Mulai Pulih

Pada tiga minggu pertama pasca operasi, Kamu mungkin akan merasakan nyeri pada bekas jahitan caesar. Secara umum, proses penyembuhan luka jahit ini terbagi menjadi tiga tahap.

1. Tahap Inflamasi

Fase ini berlangsung selama beberapa hari pertama setelah operasi terjadi. Pendarahan pun sudah berhenti dan sel darah putih akan muncul di lokasi luka untuk melawan infeksi. Oleh karena itu, area bekas jahitan caesar akan membengkak dan muncul warna kemerahan.

2. Tahap Proliferatif

Selama tiga hingga empat minggu berikutnya, kolagen berkumpul di lokasi jahitan untuk memperkuat dan menyatukan tepi-tepinya. Proses ini juga membentuk banyak pembuluh darah baru sehingga luka bekas jahitan caesar pun menebal.

3. Tahap Remodeling

Ini merupakan tahapan penyembuhan dan biasanya berlangsung cukup lama, bahkan bisa memakan waktu satu tahun. Seperti namanya, remodeling berarti bahwa jaringan bekas luka yang tebal dan bengkak mulai merata. Selain itu, warnanya semakin pudar dan berangsur kembali ke kondisi semula.

Cara Merawat Luka Caesar agar Cepat Sembuh

Proses penyembuhan luka jahitan caesar biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama yang tidak bisa dikendalikan. Namun ada beberapa tips perawatan luka setelah caesar agar proses penyembuhan lebih efektif.

1. Jaga Kebersihan

Kamu tidak perlu menjaga area bekas jahitan kedap air. Bahkan membiarkan air sabun mengalir di atas luka terbilang perlu – sekali sehari saja. Namun, pastikan tidak membersihkannya dengan terlalu kuat. Setelahnya, keringkan dengan handuk bersih.

2. Oleskan Salep dan Penutup Luka

Dokter akan menyarankan antibiotik topikal atau petroleum jelly untuk mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, menggunakan penutup luka berupa perban ringan juga akan membantu. Namun, pastikan hal ini sudah dikonsultasikan dengan dokter terkait sebelum melakukan tindakan apapun.

3. Biarkan Luka Terkena Udara

Pada dasarnya, udara membantu proses penyembuhan luka pada kulit. Oleh karena itu, jika memungkinkan, biarkan luka terkena udara bebas. 

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan baju yang longgar sehingga udara dapat bergerak bebas – terutama pada malam hari. Selain itu, gunakan terus sunscreen ketika beraktivitas di luar ruangan.

4. Kontrol ke Dokter

Apabila bekas jahitan caesar terlihat menonjol dan perlu diangkat, pastikan Kamu tidak melewatkan janji kontrol dengan dokter. Jangan ragu untuk terus mengomunikasikan apa yang terjadi pada bekas jahitan caesar dan rutin memeriksakan diri.

5. Hindari Olahraga

Agar luka jahitan segera sembuh, Kamu harus menghindari olahraga dan aktivitas berat lainnya. Pastikan tidak melakukan gerakan memutar tubuh, membungkuk, dan melakukan gerakan yang tiba-tiba. Sebelum kembali melakukan olahraga, berkonsultasilah dengan dokter.

6. Tetap Bergerak

Meskipun tidak boleh olahraga berat, bukan berarti harus diam saja. Pastikan Kamu tetap bergerak ringan agar aliran darah tetap lancar. Misalnya jalan-jalan santai, bisa dilakukan setelah tubuh terasa siap pasca melahirkan.

Selain tips-tips diatas, cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Belly Shield. Korset ini khusus dirancang untuk ibu yang baru melahirkan. Selain menjaga kelembapan kulit, korset ini juga melindungi kulit dari berbagai gesekan. 

Oleh karena itu, Belly Shield cocok untuk menjaga luka jahitan caesar terjaga. Dengan material WonderWeave™-nya, produk ini memastikan krim atau lotion yang digunakan tetap terserap di area yang diinginkan tanpa berpindah ke pakaian. Selain itu, korset ii juga memiliki keunggulan lain untuk mengatasi stretch mark dan meredakan kulit kering pasca melahirkan.

Nah, terapkan cara merawat luka bekas jahitan caesar yang tepat dan gunakan Belly Shield untuk perawatan yang maksimal.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTN 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo