Apakah Stretch Mark Ibu Hamil Bisa Hilang? Ini Jawabannya!

Sebagian besar wanita hamil dapat mengalami stretch markStretch mark tidaklah berbahaya, tapi garis-garis merah muda dan keunguan ini dianggap dapat mengganggu penampilan. Pasalnya stretch mark sering muncul di area kulit perut, payudara, dan paha.

Lalu, apakah stretch mark bisa hilang? Jawabannya adalah tidak. Stretch mark yang muncul saat atau setelah hamil, tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, namun dapat disamarkan sehingga penampilan Anda tidak terganggu.

Sebelum mengetahui cara menghilangkan stretch mark, ada baiknya Anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab stretch mark pada ibu hamil

Stretch mark terjadi saat kulit mengalami peregangan berlebihan dalam waktu yang relatif singkat. Inilah sebabnya stretch mark sering muncul di area perut ibu hamil, Karena seiring membesarnya ukuran perut, kulit pun ikut merenggang.

Selain itu, tingkat elastisitas kulit juga dapat memengaruhi timbulnya stretch mark. Seorang ibu dengan tingkat elastisitas kulit yang tinggi, cenderung memiliki risiko yang rendah untuk mengalami stretch mark. Di sisi lain, kondisi kulit yang kering dapat meningkatkan risiko timbulnya stretch mark pada ibu hamil.

Tampilan stretch mark pada setiap orang bisa berbeda-beda. Beberapa faktor yang memengaruhinya adalah:

  • Warna kulit 

Pada ibu hamil yang memiliki warna kulit cerah, stretch mark pun terlihat cerah. Begitu juga sebaliknya, stretch mark akan terlihat lebih gelap pada ibu hamil yang memiliki warna kulit gelap.

  • Riwayat keluarga

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang mengalami stretch mark, maka Anda memiliki risiko yang sama untuk mengalaminya.

  • Elastisitas kulit

Elastisitas kulit akan memengaruhi seberapa banyak stretch yang muncul. Anda rentan memiliki stretch mark dalam jumlah yang banyak apabila Anda memiliki tingkat elastisitas kulit yang rendah.

Cara menyamarkan stretch mark dengan krim atau lotion

Menggunakan krim atau lotion pelembap adalah salah satu cara praktis untuk menghilangkan stretch mark. Gunakan krim atau lotion yang tepat agar hasilnya optimal, terlebih yang mengandung hyaluronic acid dan tretinoin. Menurut American Academy of Dermatology, penggunaan hyaluronic acid dan tretinoin dapat merangsang produksi kolagen sehingga dapat menyamarkan tampilan stretch mark. Gunakan krim dan pijatkan secara halus pada area stretch mark setiap hari agar mendapatkan hasil yang optimal.

Penggunaan krim atau lotion yang kaya akan vitamin C juga sangat disarankan untuk menyamarkan serta mencegah timbulnya stretch mark. Pasalnya, vitamin C berperan dalam menjaga kulit tetap elastis. Salah satu krim yang direkomendasikan untuk memperbaiki tampilan stretch mark adalah Beautiful Blooming Belly Stretch Mark Cream & Soothing Vit-C Belly Cream dari Buds Organics. 

Perpaduan antara kedua krim ini membantu mencegah dan menyamarkan stretch mark yang kerap mengganggu. Pasalnya, Beautiful Blooming Belly Stretch Mark Cream berfungsi untuk mencegah dan menyamarkan stretch mark, melembapkan kulit, serta mengurangi gatal-gatal di perut. Sementara Soothing Vit-C Belly Cream kaya akan vitamin C sehingga bermanfaat untuk menutrisi dan merangsang produksi kolagen di dalam kulit. Anda bisa mencampurkan kedua krim ini dengan rasio 1:1 yang langsung dioleskan ke area stretch mark setiap hari dan sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selain kandungan di dalamnya yang bebas dari bahan kimia berbahaya, rangkaian produk Buds Organics untuk ibu hamil dan menyusui ini juga telah mendapatkan sertifikasi Ecocert karena menggunakan bahan-bahan yang terjamin aman serta proses pembuatan yang ramah lingkungan.

Bantu optimalkan dengan pakaian dalam khusus

Penggunaan krim atau lotion khusus perlu dipadukan dengan pakaian dalam khusus. Krim stretch mark yang sudah dioleskan ke badan sering kali menempel pada pakaian Anda, sehingga sebagian besar krim tidak menyerap ke kulit. Krim yang menempel di pakaian akan terbuang dan hasil yang diterima tidak akan signifikan.

Saat ini, sudah terdapat pakaian dalam khusus dengan teknologi modern yang memampukan krim atau lotion menyerap dengan baik kedalam kulit, bukan menempel pada permukaan baju. Teknologi yang disebut dengan WonderWeave ini terdapat pada Belly Shield dari Belly Bandit.

Belly Shield membantu terapi stretch mark menjadi lebih efektif, karena memaksimalkan efek dari krim yang digunakan. Belly Shield® memastikan krim pelembap tetap berada di area stretch mark (tidak berpindah ke baju) sehingga krim dapat meresap secara sempurna dan optimal.

Pada dasarnya, stretch mark tidak dapat dihilangkan dengan seluruhnya. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena stretch mark dapat dihilangkan menggunakan vitamin, krim pelembap, hingga pelindung perut khusus. Anda hanya perlu memilih krim dan pakaian yang tepat untuk menemani proses penyamaran stretch mark menjadi lebih efektif dan efisien.

Sumber: SehatQ

Share this article
Leave a Reply

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo