Tips Jitu Agar Anak Suka Makan Sayur dan Buah

Buah dan sayur adalah sumber nutrisi penting untuk pertumbuhan anak. Simak tips agar anak suka makan sayur dan buah berikut agar anak tumbuh dengan optimal.

Tidak hanya mengoptimalkan pertumbuhan anak, mengkonsumsi sayur dan buah juga menghindarkan si Kecil dari berbagai penyakit yang bisa setiap saat menyerang.

Kenapa Anak Tidak Mau Makan Sayur dan Buah?

Secara biologis, anak memang cenderung menghindari memakan buah dan sayur serta makanan lain yang dianggap asing. Apalagi anak-anak memiliki taste buds yang lebih peka daripada orang dewasa. 

Maka dari itu, mereka akan dengan mudah menolak sayur karena cenderung hambar bahkan pahit.

Tips Agar Anak Suka Makan Sayur dan Buah

Buah-buahan dan sayuran mungkin dianggap sebagai makanan asing oleh anak-anak, terutama yang baru mulai MPASI. Apabila si Kecil susah makan sayur maupun buah, beberapa cara berikut ini bisa Mommy coba sebagai solusi.

1. Buat Aktivitas yang Menarik

Agar anak mau makan sayur, Moms bisa memperkenalkannya melalui aktivitas, tebak-tebakan, atau bermain game. Mulai dari memetik sayur dan buah bersama hingga main tebak jenis buah sambil menutup mata.

2. Ajak Anak Belanja dan Memilih Sayur dan Buah Kesukaannya

Cara berikutnya adalah dengan mengajak si Kecil belanja buah dan sayur. Bahkan jangan ragu untuk memberi kesempatan si kecil memilih buah atau sayur yang ia inginkan.

3. Jadikan Buah dan Sayur sebagai Menu Harian

Sebaiknya Moms memasukkan buah dan sayur sebagai menu harian. Namun, pastikan Mommy mengolahnya dengan cara berbeda dan kreatif agar si Kecil tidak cepat bosan.

4. Berikan Contoh Kepada Anak

Seringkali anak-anak meniru kebiasaan orang tuanya. Oleh karena itu, Moms juga harus memberi contoh untuk makan buah dan sayur setiap hari ya.

5. Jangan Memaksa Anak Makan Sayur dan Buah, Agar si Kecil Tidak Trauma

Apabila anak tidak mau makan sayur, sebaiknya orang tua tidak memaksa apalagi memberi hukuman. Hal tersebut akan menciptakan trauma untuknya dalam mengonsumsi sayur ataupun buah.

Mengajak anak untuk makan buah dan sayur mungkin bukan hal yang mudah. Bahkan tantangan yang dihadapi setiap orang tua pasti berbeda. Namun, jangan kecewa dan putus asa untuk terus mengenalkan buah dan sayur kepada sang buah hati ya Moms.

Sayur dan Buah yang Bagus untuk Tumbuh Kembang Anak

Sebelum membahas sayur dan buah apa saja yang bagus untuk tumbuh kembang si Kecil, sebaiknya Mommy harus tahu berapa porsi buah dan sayur sih yang wajib dikonsumsi anak setiap hari? Sebenarnya varietas buah dan sayur lebih penting daripada porsinya. Selain itu, serving juga dipengaruhi oleh usia dan seberapa aktif anak Anda.

Pada dasarnya semua buah dan sayur baik untuk anak. Namun ada beberapa buah dan sayur yang mampu optimalkan tumbuh kembang si Kecil. Berikut rinciannya:

Jeruk

Buah yang satu ini tentu manfaatnya sudah tidak asing lagi Moms dengar. Yaap, jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga buah ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil. Tidak hanya itu, buah ini juga mampu merangsang pembentukan kolagen yang baik untuk kesehatan kulit.

Pisang

Sebagai buah yang kaya serat dan vitamin B6, pisang menjadi supplier energi untuk si Kecil yang aktif. Selain itu, buah yang satu ini juga baik untuk kesehatan kulit, menutrisi sistem saraf, dan memelihara kesehatan jantung.

Apel

Meskipun kecil, apel memiliki kandungan pektin yang memperbaiki nafsu makan anak dan merangsang pertumbuhan bakteri baik (probiotik) di usus. Mineral yang ada dalam buah ini juga membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Alpukat

Buah yang satu ini merupakan sumber vitamin E yang membantu menangkal radikal bebas. Tidak hanya itu, kandungan asam oleat yang tinggi dalam alpukat juga berguna untuk merangsang perkembangan otak.

Wortel

Selain terkenal akan kandungan vitamin A, wortel juga kaya akan beta-karoten yang melindungi sel tubuh dari kerusakan. Sayuran yang satu ini juga memiliki kandungan vitamin B yang membantu perkembangan sistem saraf.

Brokoli dan Bayam

Sayuran yang berwarna hijau gelap pada dasarnya mengandung zat besi dan asam folat yang penting untuk pertumbuhan anak. Selain itu, dua sayuran ini kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan mata.

Jamur

Jamur merupakan sumber protein nabati dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Tidak hanya itu, sayur yang satu ini mengandung kalsium, vitamin B12, dan zat besi.

Lebih dari apapun, membiasakan anak untuk mau makan buah dan sayur memang perlu waktu. Namun, sekarang Moms tidak perlu khawatir karena Mommy bisa penuhi kebutuhan nutrisi dari sayur dan buah dengan Bebe Puree dari Ivenet

Bebe Puree merupakan jus ekstrak sayur dan buah asli pilihan yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Selain kemasannya yang praktis, portable, dan travel friendly, Bebe Puree juga aman untuk si Kecil karena tidak mengandung pemanis, perasa, dan pengawet buatan, serta bahan kimia berbahaya lainnya. Bebe Puree juga sudah tersertifikasi BPOM dan HACCP sehingga meningkatkan tingkat keamanan jus ini.

Jus puree ini kaya serat, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, jantung, tulang, dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Memiliki 3 varian: Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C, sehingga si Kecil bebas pilih varian favoritnya. Bebe Puree cocok untuk si Kecil yang berusia 12 bulan ke atas ya Moms!

Demikian penyebab, tips, dan rekomendasi buah dan sayur yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak ya Moms. Moms bisa rutin coba untuk berikan si Kecil buah dan sayur sejak masa MPASInya di mulai. Terapkan tips di atas agar si Kecil jadi doyan mengonsumsinya ya.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo