Cara Menjernihkan Air Keruh Dengan Mudah dan Efektif

Keberadaan air merupakan aspek yang krusial dalam kehidupan di muka bumi. Namun, manusia tidak bisa sembarangan mengkonsumsi air. Penting untuk memastikan bahwa air memang bersih, bebas kotoran, dan juga tidak mengandung kontaminan apapun. 

Mengapa air bersih begitu vital untuk kegiatan sehari-hari? Jika air di rumah keruh, bagaimana cara menjernihkan air dengan tepat? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pentingnya Air Bersih untuk Kebutuhan Sehari-hari

Rutinitas harian manusia sangat bergantung pada ketersediaan air bersih. Bahkan sejak membuka mata, Kamu akan mencari air bersih untuk mendukung aktivitas. Oleh karena itu, memastikan air tetap jernih bukan hanya opsi namun menjadi hal yang mempengaruhi kualitas hidup kita.

Air bersih memiliki peran krusial dalam memastikan kesehatan kita. Sebagai komponen utama tubuh manusia, air yang kita konsumsi harus bebas dari kontaminan. 

Sebaliknya, mengkonsumsi air yang tidak bersih dapat berdampak pada kesehatan manusia. Mulai dari gangguan pencernaan hingga penyakit yang serius, semua itu bisa terjadi apabila mengkonsumsi air kotor.

Selain untuk konsumsi, air bersih juga penting dalam kegiatan domestik lainnya. Kualitas air yang kita gunakan sehari-hari memiliki dampak langsung terhadap kesehatan kulit, rasa makanan yang kita masak, hingga kebersihan pakaian yang kita kenakan.

Oleh karena itu, keberadaan air bersih adalah kebutuhan primer manusia yang tidak bisa digantikan oleh apapun.

Apa Penyebab Air Keruh?

Selain mengurangi kualitasnya, air keruh menimbulkan kekhawatiran pengguna. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat air menjadi keruh:

  • Adanya partikel terlarut, seperti tanah, pasir, dan debu. Hal ini akan semakin umum ketika musim hujan aliran air menjadi lebih cepat.
  • Pertumbuhan alga di area yang terpapar banyak sinar matahari juga mempengaruhi rasa dan aroma serta warna air.
  • Pembuangan limbah industri, pertanian, dan rumah tangga ke dalam sumber air dapat menyebabkan air menjadi keruh karena kontaminasi
  • Adanya bakteri dan parasit dalam air.
  • Suhu air yang naik secara tiba-tiba atau perubahan kondisi cuaca dapat menyebabkan air keruh.

Bahaya Menggunakan Air Keruh

Selain tidak enak dilihat, air keruh mendatangkan banyak efek negatif apabila dikonsumsi. Simak penjelasan berikut.

  • Air yang keruh yang mengandung bakteri patogen, virus, atau parasit bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare, muntah, dan sakit perut. Salah satu contohnya adalah penyakit seperti kolera dan disentri.
  • Selain penyakit pencernaan, air keruh juga menyebabkan infeksi kulit dan mata apabila digunakan untuk mandi, cuci muka, dan kegiatan sehari-hari lainnya.
  • Beberapa kontaminan dalam air keruh dapat menguap saat digunakan untuk mandi atau memasak, dan kemudian dihirup oleh pengguna. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan.
  • Memasak dengan air keruh dapat mengkontaminasi makanan dengan mikroorganisme atau bahan kimia berbahaya, jika dikonsumsi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.
  • Pemakaian air keruh dalam jangka waktu lama, terutama yang mengandung bahan kimia tertentu, dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan kronis, seperti keracunan timbal atau masalah endokrin.

Endapan air keruh juga dapat merusak barang-barang rumah tangga. Oleh karena itu, manfaat penjernihan air tidak hanya untuk manusia, namun juga keawetan barang rumah tangga.

Bagaimana Menjernihkan Air Keruh di Rumah?

Ada berbagai metode yang bisa dilakukan untuk membuat air keruh menjadi jernih. Simak beberapa langkahnya berikut.

Pendiaman

Biarkan air keruh dibiarkan dalam wadah tertutup selama beberapa jam. Partikel berat akan mengendap di dasar wadah, dan Kamu dapat menyaring bagian atasnya yang lebih jernih.

Penyaringan

Gunakan kain bersih atau kertas saring untuk menyaring partikel-partikel kasar yang membuat air menjadi keruh.

Pemasakan

Mendidihkan air selama 10-15 menit dapat membunuh mikroorganisme patogen, meskipun metode ini tidak menghilangkan partikel atau bahan kimia.

Penggunaan Alum

Alum atau tawas dapat digunakan untuk menggumpalkan partikel dalam air, yang kemudian akan mengendap dan bisa disaring.

Filter Karbon Aktif

Filter jenis ini mampu menyaring bahan kimia dan beberapa kontaminan lain dari air.

Mengingat pentingnya air bersih dalam kehiduapan sehari-hari terutama dalam aktivitas rutin seperti mandi, perlu penggunaan alat khusus untuk menjernihkan air. Salah satu filter air terbaik yang bisa Kamu pakai adalah Daily Cha-E Multi-Filtered Shower Head.

Shower kamar mandi ini dilengkapi dengan filter ganda, yakni Sediment Filter dan ACF Filter, sehingga penjernihan air akan lebih maksimal. Selain itu, shower head ini memiliki bahan yang terbebas dari BPA, sehingga aman digunakan.

Selain menyaring air keruh dari debu dan kotoran, alat penjernih air ini juga mampu membersihkan pasir, lumpur, karat, dan klorin hingga ukuran 5 mikron. Tak hanya itu, alat ini juga berperan aktif dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut, dengan pancuran yang stabil dan lembut.

Kualitas air memiliki dampak besar terhadap kualitas hidup. Oleh karena itu, berbagai cara menjernihkan air keruh bukan hanya memberi kenyamanan pada penggunanya, namun melindungi Kamu dan keluarga dari berbagai risiko kesehatan.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo