5 Ciri-Ciri Snack Bayi Sehat yang Bisa Bantu Melatih Motorik Halus Si Kecil | Baby Empire

5 Ciri-Ciri Snack Bayi Sehat yang Bisa Bantu Melatih Motorik Halus Si Kecil


Snack bayi dapat membantu orangtua melatih motorik halus anak sejak usia dini. Anda bisa memberikan snack yang diolah dari beragam biji-bijian asli dan rasanya enak, seperti Ivenet Baby Food Grain Friend.

Siapa sangka bahwa memberikan snack bayi dalam bentuk finger food ternyata bisa menjadi salah satu cara melatih motorik halus anak yang juga enak?
Sebab, untuk menggenggam finger food Si Kecil akan diharuskan untuk menggunakan tangannya sendiri. Dari sini, kekuatan otot-otot halus pada tangan anak pun bisa terasah.Melatih motorik halus anak di usia dini tentu penting agar Si Kecil bisa melakukan banyak aktivitas dengan mandiri.Perlu diketahui, motorik halus adalah aktivitas yang melibatkan otot-otot tangan, terutama pergelangan, telapak, dan jari jemari anak.

Waktu yang tepat memberikan snack untuk bayi

Umumnya bayi sudah bisa mulai makan makanan padat di usia 6-8 bulan. Sebagai perkenalan, Ibu bisa memberikan si Kecil bubur atau puree.Kemudian, seiring waktu, Anda bisa mencoba kenalkan snack yang bisa ia genggam sendiri, alias finger food.Memberikan finger snack bisa membantu melatih motorik halus anak di usia dini, agar si Kecil memiliki ketangkasan untuk mencengkeram dan menjepit makanannya.Tidak hanya itu. Lambat laun, anak pun akan mulai mampu menggunakan jari telunjuk dan jempolnya untuk meraih dan mengambil makanannya sendiri.

Kriteria snack bayi yang baik untuk melatih motorik halus anak

Ivenet Baby Food Grain Friend bebas zat buatan

Buah potong atau sayuran rebus yang dipotong kecil-kecil adalah contoh finger snack yang baik untuk si Kecil.Namun, tidak ada salahnya memberikan selingan snack bayi agar Si Kecil tidak bosan.Semakin banyak variasi jenis dan tekstur makanan yang Anda kenalkan tentu akan semakin baik untuk si buah hati.Nah, salah satu finger snack yang juga sehat dan bisa Anda berikan untuk si Kecil adalah Ivenet Baby Food Grain Friend. Makanan bayi Korea satu ini sudah bisa mulai dikonsumsi oleh bayi yang berusia 9 bulan. Rupanya, finger snack untuk bayi ini juga cocok Anda berikan untuk melatih motorik halus anak usia dini karena:

1. Tidak menggunakan pengawet, pewarna, atau pemanis buatan

Finger snack yang baik untuk bayi adalah yang tidak mengandung zat tambahan, seperti pengawet, MSG, pewarna, dan pemanis buatan.Studi memaparkan, pengawet dalam snack bayi mampu memicu munculnya gejala alergi, seperti asma hingga eksim. Penelitian lain juga menunjukkan, snack yang dibuat dengan pemanis buatan justru membuat Si Kecil tetap merasa lapar.Akibatnya, ia jadi cenderung makan makanan manis terus-menerus. Dalam jangka panjang, konsumsi makanan manis berlebihan dapat memicu obesitas pada bayi.Meski butuh penelitian lebih lanjut, makanan dengan pewarna buatan juga terbukti mampu meningkatkan risiko hiperaktif pada anak-anak.

2. Ukuran yang pas digenggam Si Kecil

ukuran snack bayi Ivenet pas dengan genggaman si Kecil

Pada bayi usia 8 bulan, biasanya bayi menggenggamnya dengan seluruh jarinya.Maka supaya bayi tidak kesulitan menggenggam makanannya, berikanlah snack yang ukurannya pas.Tidak kekecilan sehingga sulit ia masukkan ke dalam mulut, tapi juga tidak terlalu besar agar ia bisa mantap menggenggamnya.Memberikan snack yang terlalu kecil atau kebesaran justru akan mempersulit si Kecil mengasah motorik halusnya.Idealnya, snack bayi yang bagus untuk melatih motorik halus anak sebaiknya lebih besar daripada telapak tangannya. Snack dengan panjang kira-kira 5 centimeter paling pas untuk digenggam bayi.Nah, bentuk serta ukuran snack bayi Ivenet Grain Friend dibuat khusus menyesuaikan ukuran tangan bayi sehingga mudah digenggam oleh buah hati Anda, sekaligus membantu melatih otot kecil pada tangan bayi.Kemasan Ivenet Grain Friend juga berukuran compact sehingga mudah dibawa ke mana saja saat bepergian.Jadi, Ibu tidak usah takut buah hati kelaparan di tengah perjalanan.

3. Terbuat dari biji-bijian bebas pestisida

Biji-bijian adalah salah satu sumber pangan yang sehat untuk bayi. Sayangnya, memberikan biji-bijian utuh bisa membuat bayi tersedak.Selain itu, ukurannya terlalu kecil untuk digenggam Si Kecil.Sebagai alternatif, Anda bisa memberikan snack yang diolah dari ragam biji-bijian asli, seperti Ivenet Baby Food Grain Friend.Snack bayi asal Korea ini dibuat dari tujuh jenis biji-bijian sehat yang kaya kalsium, yaitu:

  • Brown rice (beras merah)
  • White rice (beras putih)
  • Sticky barley (jelai)
  • Sticky rice (beras ketan)
  • Black bean (kacang hitam)
  • Sorghum (beras sorgum atau cantel)
  • Black rice (beras hitam)

Kalsium terbukti bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak usia dini, terutama kesehatan tulang dan giginya.Kalsium juga membantu untuk menguatkan otot-otot tubuh bayi. Sebuah penelitian menyatakan bahwa bayi usia 6-12 bulan yang mengonsumsi biji-bijian juga mendapatkan asupan serat makanan, folat, kalsium, kalium, magnesium, seng, fosfor, kolin, thiamin, riboflavin, dan vitamin B6 yang jauh lebih tinggi dibanding bayi yang tidak makan biji-bijian.Selain itu, biji-bijian juga baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan bayi.Dalam jangka panjang, mengonsumsi makanan kaya akan biji-bijian mampu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan obesitas saat Si Kecil beranjak dewasa nanti. Menariknya lagi, Ivenet Baby Food Grain Friend diolah menggunakan biji-bijian berkualitas yang bebas pestisida sehingga aman untuk kesehatan bayi.

4. Tidak digoreng

Snack yang digoreng tentu rasanya enak. Namun, jangan berikan makanan yang digoreng untuk bayi.Snack yang digoreng dapat meningkatkan asupan lemak trans alias lemak jahat bagi Si Kecil. Makanan tinggi lemak trans adalah salah satu makanan yang tidak sehat.Jika ingin memberikan snack untuk bayi, pilihlah yang cara pengolahannya dipanggang.Makanan yang dipanggang memberikan cita rasa gurih seperti gorengan, tapi jauh lebih sehat.

5. Telah diuji dan tersertifikasi HACCP

Camilan bayi bersertifikasi HACCP terjamin mutunya

Jika ingin memberikan camilan kemasan untuk bayi, pilih yang bersertifikasi HACCP. Camilan bayi yang bersertifikasi HACCP artinya sudah mengantongi jaminan mutu sebagai produk pangan yang aman dari risiko kontaminasi bakteri penyebab keracunan makanan.Sebab, proses pemilihan bahan baku, pengolahan, dan pemeriksaan produk akhir sangat dikendalikan ketat.Ivenet Baby Food Grain Friend sudah memiliki sertifikasi HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) dan ISO 9001 sehingga aman untuk buah hati yang belajar makan makanan padat.Ivenet baby food tersedia dalam beragam rasa yang menggoyang lidah si Kecil, seperti:

  • Strawberry
  • Blueberry
  • Cheese
  • Sweet Potato.

Tak hanya itu, lho! Makanan bayi asal Korea ini juga membantu memenuhi nutrisi yang mendukung tumbuh kembang Si Kecil.Bukan tanpa alasan, ‘kan, Ivenet Grain Friend bisa menjadi teman baik Anda untuk melatih motorik halus anak?

Sumber : Sehatq

Share this article
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Leave a Reply

Shopping cart

0

No products in the cart.

Baby Food
Baby Skincare
Baby Equipment
Baby Toys
Baby Clothing
Baby Diapers
Food Container
Maternity
Woostify retina logo