3 Rahasia Ampuh Menghilangkan Selulit

Sedang asyik bercermin, tapi tiba-tiba melihat kerut dan guratan di permukaan kulit? Bisa saja itu adalah selulit. Meski tidak terasa sakit, selulit tetap mengganggu penampilan. Jika Kamu mengalaminya, coba praktikkan tiga cara menghilangkan selulit berikut ini.

Apa Itu Selulit?

Apakah Kamu pernah melihat kulit jeruk? Kira-kira seperti itulah penampakan selulit. Selulit merupakan penumpukan lemak di bawah kulit yang membuat kulit terlihat berkerut atau bergurat.

Lokasi timbulnya selulit bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun, umumnya selulit muncul di titik dimana lemak berkumpul, misalnya di pinggul, bokong, perut, dada, paha, atau betis.

Selulit adalah kondisi yang sangat umum terjadi, dan biasanya, yang mengalaminya adalah kaum hawa. Bahkan, faktanya, 80-90% wanita memiliki kemungkinan untuk mengalami selulit, sementara pria hanya memiliki kemungkinan kurang dari 10%.

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa selulit sama dengan stretch mark. Padahal, keduanya adalah kondisi yang berbeda.

Stretch mark merupakan kondisi dimana kulit Kamu tertarik melebihi kapasitasnya sehingga membentuk bekas luka atau benjolan pada kulit. Perbedaan selulit dan stretch mark yang paling ketara adalah warnanya; stretch mark umumnya berwarna lebih gelap daripada selulit.

Selulit bukanlah pertanda adanya kondisi medis yang serius, sehingga Kamu tak perlu khawatir. Meski begitu, kemunculannya tetap saja mengganggu penampilan, sehingga tak sedikit orang ingin menghilangkan selulit.

Apa Saja Penyebab Selulit?

Meski selulit merupakan kondisi penumpukan lemak, bukan berarti hanya orang gemuk saja yang mengalaminya. Terkadang, orang yang kurus pun bisa memiliki selulit. Selain itu, lokasi kemunculan selulit pada tiap orang pun berbeda-beda. Mengapa bisa begitu?

Sebetulnya sampai saat ini, penyebab selulit secara pasti belum dapat diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang menentukan kemunculan selulit pada tiap orang, yakni;

  • Usia. Semakin bertambah umur, kulit akan berkurang elastisitasnya, sehingga selulit semakin mudah terlihat.
  • Regulasi hormon. Beberapa jenis hormon berperan besar dalam proses regulasi lemak dalam tubuh serta menentukan kondisi kulit.
  • Faktor genetik. Garis keturunan bisa menentukan kemampuan tubuh dalam meregulasi selulit.
  • Gaya hidup. Penambahan berat badan, jarang olahraga, dan kurangnya asupan air bisa meningkatkan potensi kemunculan selulit.
  • Kehamilan. Selulit bisa terjadi akibat peregangan kulit saat hamil.

Bagaimana Ciri dan Tanda-tanda Selulit?

Pada dasarnya, ciri-ciri selulit adalah munculnya kerutan di berbagai bagian tubuh. Namun, berdasarkan tingkat keparahannya, selulit terbagi menjadi tiga;

Tingkat 1

Kulit terasa bertekstur, terlihat seperti kulit jeruk, dan terlihat sedikit kendur. Di tingkat ini, selulit tidak akan terlihat saat berdiri, namun akan timbul saat Kamu duduk.

Tingkat 2

Di tingkat ini, guratan atau kerutan selulit terlihat lebih dalam, meski tidak terlalu kentara. Kulit akan terlihat kendur. Selulit akan terlihat saat duduk maupun berdiri.

Tingkat 3

Kulit terlihat seperti karpet yang berlipat, dan terlihat kendur. Tekstur kulit akan semakin kasar atau terjadi lengkungan pada kulit.

Bagaimana Cara Menghilangkan Selulit?

Sekali muncul, selulit cenderung sulit dihilangkan. Meski begitu, menghilangkan selulit sehingga tidak terlalu terlihat tetap dapat dilakukan. Untuk menghilangkan selulit, bisa lakukan cara-cara berikut;

1. Mengutamakan Gaya Hidup yang Sehat dan Seimbang

Untuk menghilangkan selulit, upayakan agar gaya hidup tetap sehat dan seimbang. Caranya adalah memperbanyak konsumsi makanan sehat, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, protein, serta kacang-kacangan. Jangan lupa barengi dengan konsumsi air putih minimal 2L atau 9 gelas per hari.

Selain itu, Kamu juga bisa rutin berolahraga. Olahraga menghilangkan selulit yang bisa dicoba adalah bersepeda, jogging, atau angkat beban. Yang terpenting, jaga berat badan tetap ideal dan hindari diet yang efeknya ‘yoyo’, alias mudah naik turun.

2. Lakukan Terapi atau Aplikasikan Krim Topikal

Tidak sedikit dokter-dokter estetika yang menyediakan layanan untuk menghilangkan selulit. Beberapa contohnya adalah terapi laser, terapi gelombang kejut, radioterapi, dan lain-lain. Umumnya, perlu beberapa kali kedatangan untuk menghilangkan selulit dengan maksimal.

Sebagai alternatif, Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan yang mampu menghilangkan selulit, misalnya minyak zaitun extra virgin, ekstrak biji anggur, atau krim kafein. Akan tetapi, tingkat keefektifannya sangat bervariasi pada tiap orang.

3. Gunakan Celana Kompresi

Untuk solusi menghilangkan selulit yang lebih mudah, Kamu bisa gunakan celana kompresi khusus. Pilihlah celana kompresi untuk menghilangkan selulit yang berkualitas tinggi dan nyaman seperti Belly Bandit Mother Tucker Shortie.

Celana kompresi Mother Tucker Shortie dibuat dari bahan yang ringan, nyaris seperti lapisan kulit kedua ketika dipakai. Selain menghilangkan selulit, celana kompresi ini juga berfungsi untuk memberikan siluet yang lebih seksi dan halus pada area perut, pantat, serta paha. Karena terbuat dari material berkualitas, celana ini memberikan sirkulasi yang baik serta kenyamanan yang optimal saat dipakai.

Ada beragam cara menghilangkan selulit. Terapkan tips-tips diatas untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangan lupa gunakan Belly Bandit Mother Tucker Shortie untuk membantu menghilangkan selulit seminimal mungkin.

Share this article
Leave a Reply

Premium Products for Baby & Maternity in Indonesia

Layanan Pengaduan Konsumen
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan RI
Nomor Whatsapp Ditjen PKTNĀ 0853-1111-1010

Copyright ©2023 | Baby Empire

Shopping cart

0
image/svg+xml

No products in the cart.

Continue Shopping
Woostify retina logo